Jebakan Dua Kata Menjadi Seorang Lulusan Doktor

Jebakan Dua Kata Menjadi Seorang Lulusan Doktor

RBO >>> BENGKULU >>>  Prof. Sudarwan Danim, M.Pd memberikan nasihatnya kepada para mahasiswa yang baru saja ujian disertasi (S3) dan dinyatakan lulus. Menurutnya, orang yang sudah bergelar doktor akan dihadapi dua realitas. Yaitu kata dan tindakan.

"Banyak sekali orang yang terjebak dalam kata, tapi lupa bertindak. Sebagai seorang doktor harus mampu membuktikan hal tersebut. Ujian terberat yang akan dilalui nantinya apakah bisa beraksi melakukan sesuatu dalam dunia nyata, bukan dalam dunia akademik yang dipelajari semasa duduk dibangku perkuliahan. Maka dari itu, lulusan doktor akan mengambil bagian penting di suatu perguruan tinggi," kata Sudarwan Danim kepada radarbengkuluonline.com Rabu (23/6).

Apalagi, lanjutnya, inti dari pendidikan adalah merubah perilaku. Orang yang tidak mampu merubah perilaku, bukan orang yang berpendidikan. Namun, orang yang hebat itu orang yang memang mengubah perilaku orang lain. Karena itu, harus bertransformasi diluar sistem pembelajaran di kelas. Sebab, manfaat sejati akan terlihat dalam kehidupan.

"Jadilah manusia universal. Jadilah manusia yang mampu mentransformasi untuk mengubah perilaku, dari apa yang dialami sekarang ke dunia nyata. Tantangan inilah yang harus dilewati dengan sebaik mungkin," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: