Bakti Sosial, Lanal Gerakkan Donor Darah Plasma Konvalescent

Bakti Sosial, Lanal Gerakkan Donor Darah Plasma Konvalescent

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu bekerjasama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) Palang Merah Indonesia menggelar Bakti Sosial. Yaitu serbuan Donor Plasma Konvalescent dan Donor Darah Reguler, Kamis (12/8). Ini  sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan TNI Angkatan Laut serta dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini berpusat di Aula Yos Sudarso Mako Lanal Bengkulu Jl. RE Martadinata Bengkulu.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yudi Ardian melalui Palaksa Mayor Laut (P) Kamaluddin menyampaikan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Ini sesuai arahan jajaran pusat yang bertujuan sebagai wujud kepedulian kemanusiaan seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dan upaya bhakti sosial berupa donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada di seluruh Indonesia.

"Jadi, kami melakukan gerakan sosial donor darah yang juga bertepatan dihari kemerdekaan ini. Kita berharap agar semua stok darah di Bengkulu aman. Apalagi ditengah kondisi saat ini tentu sangat diperlukan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengobatan Lanal Bengkulu, dr. Nova Herlinda menyampaikan bahwa donor plasma konvalesens tidak bisa dilaksanakan. Karena, UTD PMI Kota Bengkulu tidak memiliki alat apheresis, sehingga hanya bisa donor darah reguler.

"UTD PMI menurunkan 3 orang Nakes dan 7 orang Nakes dari Lanal Bengkulu. Terdaftar ada 55 orang pendonor yang terdiri dari Prajurit dan ASN Lanal Bengkulu, Personel Korem 041/Gamas, personel Ditpolair dan Brimob Polda Bengkulu, Pelindo II Cabang Bengkulu dan para ibu ibu Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I. Namun Capaian donor darah hanya 32 kantong. Ini dikarenakan dari hasil pemeriksaan kesehatan tidak dapat dilakukan donor darah," sampainya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kegiatan ini juga ditinjau langsung melalui Video Conference oleh KASAL dari Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) Jakarta bersama Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla. Palaksa berharap semoga kegiatan donor darah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan serta menambah persediaan stok darah di Bengkulu. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: