Koordinasi Serta Sinergi Pemkab dan PJN, Jembatan Rusak Cepat Ditangani

Koordinasi Serta Sinergi Pemkab dan PJN, Jembatan Rusak Cepat Ditangani

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Jembatan darurat atau jembatan Bailey di jalan lintas Sumatera yang berada di Pantai Abrasi Mukomuko, sempat kembali amblas pada Rabu (11/8). Selain rangka jembatan turun, lantai jembatan berbahan papan kayu juga sudah lapuk. Tapi, berkat koordinasi dan sinergitas Pemerintah Kabupaten Mukomuko dengan Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Bengkulu, Kementerian PUPR, jembatan darurat itu cepat ditangani. Sehingga,  arus lalu lintas di jalan Bengkulu - Sumbar itu kembali lancar.

"Alhamdulillah, jembatan darurat itu sudah diperbaiki. Lantainya juga sudah diganti. Sudah dapat dilewati, dan arus lalu lintas kembali lancar," kata Kadis Kominfo Kabupaten Mukomuko, Drs. Bustari Maller, M.Hum kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Kronologisnya, lanjut Kadis, pada Selasa (10/8) malam, pihak Dinas PUPR Mukomuko menerima laporan dari Polsek Mukomuko Utara (Kota) bahwa jembatan darurat di Pantai Abrasi rusak. Mendapat laporan itu, " Dinas PUPR langsung koordinasi dengan PJN I," ujarnya.

Hasil koordinasi, pihak JPN I minta bantuan Pemkab mencari material papan kayu untuk lantai jembatan. "Karena kita - kawan-kawan Dinas PUPR - tahu tempat depot kayu, mereka sering pesan untuk perbaikan jembatan, jadi dipesankan langsung malam itu juga. Sehingga, pagi harinya (Rabu, 11/8) perbaikan bisa langsung dilakukan."

Untuk pembiayaan penanganan jembatan itu kemarin, memang semuanya dibiayai oleh JPN. Namun, peran Pemkab koordinasi dan membantu pihak JPN I, karena tanggungjawab untuk jalan nasional di daerah kita memang wewenang Kementerian PUPR melalui JPN I Bengkulu.

"Sifat kita membantu, koordinasi. Saat perbaikan rekan-rekan PUPR juga ada di tempat. Pembiayaan perbaikan itu dari JPN. Intinya, itulah sinergitas kita (Pemkab) dengan JPN."  (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: