Lanal Bengkulu Gelar Kegiatan Bakti Sosial

Lanal Bengkulu Gelar Kegiatan Bakti Sosial

Lakukan Aksi Bersih Pantai

RBO >>>  BENGKULU >>>  Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan kegiatan bakti sosial serentak kemarin (9/9). Yaitu Bakti Sosial bersih pantai, Bakti Kesehatan serbuan Vaksinasi Covid-19 masyarakat pesisir di Pantai Tapak Paderi dan pengobatan gigi bagi anak usia dini. Kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut Hari jadi ke – 76 TNI AL denga mengusung tema “ Dengan semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL siap wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh .

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Palaksa Pangkalan TNI AL Bengkulu Mayor Laut (P) Kamaluddin dan dihadiri oleh Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE. MM.

Dikatakan Wawali, dalam hari jadi TNI AL ke 76 ini berharap terus meningkatkan pengamanan di perairan Bengkulu. "Kita terus mendukung agar Lanal Bengkulu terus melakukan pengamanan di perairan terhadap ancaman yang ada," ujarnya. Selain itu, dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pantai di Bengkulu, juga turut mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Ini dikarenakan banyak ditemukannya sampah-sampah plastik, sampah rumah tangga disekitar pesisir pantai.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini diikuti oleh 300 orang yang terdiri dari prajurit TNI AL Bengkulu beserta ibu-ibu dari Jalasenastri, Dinas Kebersihan Pemkot Bengkulu, Siswa SMKS 15 Taruna Bengkulu dan masyarakat pesisir sekitar Pantai Tapak Paderi.

Selain kegiatan bersih pantai, Kepala Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Bengkulu, Dr. Nova Herlinda juga memimpin Bhakti Kesehatan serbuan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim disekitar pantai Tapak Paderi. Vaksin yang digunakan jenis vaksin Sinovac Multi dose sebanyak 2 vial dan Sinovac Double dose sebanyak 9 vial. Dari 50 orang target yang akan divaksin, terdaftar 40 orang, tervaksin 38 orang. Rinciannya, dosis 1 sebanyak 24 orang dan dosis 2 sebanyak 14 orang. Lalu ditunda 2 orang karena masalah kesehatan.

Diwaktu yang sama drg. Yodi Oktobiano melaksanakan pengobatan gigi bagi anak usia dini sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap generasi penerus bangsa yang dilaksanakan di PAUD Hangtuah Jalan Re Martadinata nomor 10 Pulau Baai Kota Bengkulu. Ada sebanyak 30 orang anak mendapat perawatan dan pengobatan gigi dengan dibantu tenaga kesehatan 3 orang.

Danlanal Bengkulu melalui Palaksa Mayor Laut (P) Kamaluddin mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan bersih pantai ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sektoral dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir. "Diharapkan kegiatan bersih pantai ini juga bisa mendukung Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: