SMKN 4 Kota Bengkulu Jalin Kerjasama dengan PT Berca Hardayah Perkasa

SMKN 4 Kota Bengkulu Jalin Kerjasama dengan PT Berca Hardayah Perkasa

20 Industri Sudah Digandeng SMKN 4 Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu terus menjalin kerjasama dengan dunia industri. Kali ini, pihaknya menggandeng PT. Berca Hardayah Perkasa berlokasi di Jakarta Pusat. Perusahaan ini bergerak dibidang Informasi Teknologi (IT) seperti, perakitan komputer, penjualan komputer, dan lain-lain.

Account Manager PT. Berca Hardayah Perkasa, Siti Zahro mengatakan, pihaknya datang ke SMKN 4 Kota untuk menjalin kerjasama di dunia industri antara pihak sekolah dengan industri. Rencana tahap awal kerjasama ini, pihaknya lebih mengutamakan pembelajaran bagi siswa/siswi SMKN 4, untuk pelatihan perakitan. Setelah itu, kata Siti, mengadakan sosialisasi untuk servis komputer tersebut.

Dijelaskannya, kantor pusat PT. Berca Hardayah Perkasa ini, berlokasi di Abul Muis 62 Jakarta Pusat. Untuk kantor cabang di wilayah Pulau Sumatera, baru di Provinsi Sumatera Utara. "Untuk mitra sekolah, hampir seluruh Indonesia menjadi mitra SMK. Selain itu, kerjasama dengan sekolah sering kami gelar. Yang jelas, kami mengandeng setiap SMK. Kami ingin menumbuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekolah dari para siswa, menjadi SDM yang kreatif. Tidak hanya bekerja dengan orang lain, tapi menjadikan mereka juga pengusaha," ujar Siti kepada radarbengkuluonline.com , Kamis siang (16/9).

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Dr. Paidi, M. TPd sangat menyambut baik kerjasama itu. Terkait teaching factory atau biasa dikenal dengan Tefa. Apalagi, PT. Berca ini salah satu perusahaan ternama dan terbesar di Indonesia. Rencananya, beberapa dewan guru, jurusan teknik informatika, akan magang di PT. Berca Hardayah Perkasa untuk diberikan materi belajar. Lalu, guru akan mengajarkan siswa di jurusan teknik informatika. "Harapan kami dengan kerjasama ini, dapat meningkatkan potensi siswa, dan lulusan siswa betul-betul sesuai dengan harapkan dunia industri kerja," kata Dr. Paidi.

Diungkapkan Paidi, hingga saat ini perusahaan atau dunia industri kerja yang bekerjasama dengan SMKN 4 Kota, sudah ada 20 perusahaan. Hanya saja, yang sampai ke proses pembelajaran, disetiap jurusan, ada dua perusahaan, dari enam jurusan di SMKN 4 Kota. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: