Kepahiang Dapat Bantuan Sosial dari Kemensos RI

Kepahiang Dapat Bantuan Sosial dari Kemensos RI

RBO >>> KEPAHIANG >>> Ini kabar gembira bagi masyarakat miskin yang berhak mendapat bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) yang bersumber langsung dari Kementerian Sosial RI (Kemensos RI). PLT Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang, Julian Muda mengatakan, untuk Kabupaten Kepahiang tahun 2021 ini mendapatkan kuota RS-Rutilahu sebanyak 25 unit rumah. Bantuan sosial (Bansos) melalui dana aspirasi Anggota DPR RI Provinsi Bengkulu. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi keluarga fakir miskin yang terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos RI.

“Ya, yang mendapatkan Bansos RS-Rutilahu ditahun 2021 yaitu Desa Pagar Gunung 5 unit, Desa Suro Lembak 5 dan sisanya Desa Cubung Lalang. Bantuan ini bersifat stimulan sebesar 15 juta rupiah per unit, untuk pembelian bahan bangunan, dengan pola swadaya gotong royong untuk membangkitkan kesetiakawanan sosial di lingkungan masyarakat sekitarnya," ujar Julian kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Saat ditanya kapan dana Bansos tersebut akan dicairkan,Julian menangapi, dana bantuan tersebut akan dicairkan dalam waktu dekat ini. Paling lambat di bulan Oktober ini. Bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui perbaikan atau rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding serta fasilitas MCK.

Program RS-Rutilahu beranggotakan 10 Kepala Keluarga untuk satu kelompok masyarakat miskin yang tinggal berdekatan yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos, belum pernah mendapat bansos RS-Rutilahu, memiliki kartu identitas diri atau kartu keluarga dan rumah di atas tanah milik sendiri yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan berupa sertifikat atau bukti kepemilikan lainnya dari camat atau Pejabat Pembuat Akta Tanah.(crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: