Tertinggi, Anak Rektor Unib Terpilih Jadi Rektor Segera Dilantik

Tertinggi, Anak Rektor Unib Terpilih Jadi Rektor Segera Dilantik

Dr. Retno Agustina Ekaputri Catat Lembaran Sejarah Unib

RBO >>>  BENGKULU >>>  Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Bengkulu (Unib)  sudah sampai tahap akhir. Dr. Retno Agustina Ekaputri terpilih menjadi Rektor Unib periode 2021-2025 serta menorehkan sejarah baru menjadi Rektor perempuan pertama di Unib.

Ketua Panitia Pilrek Unib 2021, Dr. Yulian Fauzi, MS mengatakan, berdasarkan hasil suara, Retno Agustina terpilih menjadi rektor dengan suara tertinggi. Yaitu 38 suara. "Kemudian untuk Fahrurrozi memiliki 16 suara dan Lizar Alfansi memiliki 6 suara," kata Yulian kepada radarbengkuluonline.com tadi siang, (20/9).

Dijelaskannya,  pemilihan rektor berawal pada Juli 2021 lalu dengan melakukan penjaringan aspirasi yang berhasil menyaring 5 kandidat. Kemudian, pada awal Agustus 2021 lalu setelah melakukan penyaringan kembali terpilih 3 besar. Yaitu Retno Agustina Ekaputri, Fahrurrozi dan Lizar Alfansi.

Terkait dengan pelaksanaan pemilihan, pihaknya pertama kali menggunakan E-votting dan berjalan dengan baik. "Alhamdulillah, E-votting yang kita rancang berhasil dengan baik. Dengan jumlah suara senat 39 dan Menteri 21 dengan total 60 suara pemilih."

Lebih lanjut dikatakan Yulian, untuk pelantikan rektor baru masih menunggu informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebab pada 4 Oktober 2021, masa jabatan rektor lama,  Prof. Ridwan Nurazi akan berakhir dan biasanya pelantikan akan dilakukan sebelum berakhirnya masa jabatan rektor yang lama. "Kami panitia sudah menyiapkan berkas-berkasnya untuk dikirim ke Jakarta, dan nanti kita tunggu kabar kapan pelantikannya," ungkapnya.

Untuk diketahui, Retno Agustina merupakan putri dari Prof. Dr. Ir. H Soekotjo yang merupakan Rektor Universitas Bengkulu ke 2 dengan masa jabatan 1986-1990. Sebelumnya, proses pemelihan Rektor Unib periode 2021-2025 dilakukan secara demokratis dan berlangsung sukses menggunakan sistem e-voting, dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Hasilnya, Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc memperoleh suara terbanyak dan ditetapkan sebagai Rektor Unib Teripilih untuk periode 2021-2025.

Pemilihan Rektor Unib ini dilakukan dalam rapat tertutup Senat Unib yang dipimpin Ketua Senat, Prof. Dr. Safnil, M.Pd didampingi Sekretaris Senat, M. Yamani, SH, M.Hum. Jalannya pemilihan berlangsung tertib dan lancar berkat koordinasi dan kerjasama yang apik antar seluruh panitia Pilrek yang diketuai Dr. Yulian Fauzi, MS. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, panitia dan Senat Unib memutuskan pemilihan dilaksanakan menggunakan sistem e-voting terpusat di ruang rapat utama gedung Rektorat Unib hanya hadir Ketua dan Sekretaris Senat, Ketua dan Sekretaris Panitia Pilrek, tiga orang saksi, dua operator dan satu kameramen. Sementara para anggota senat sebagai pemilik suara bersama perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, terkoneksi melalui aplikasi zoom dari tempat masing-masing.

Sebagaimana diketahui, Pilrek Unib diikuti tiga calon, yaitu Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D, Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D, dan Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc. Ketiganya merupakan hasil penyaringan atau Pemilihan Tahap I yang dilaksanakan Senat Unib beberapa waktu lalu. Sekira pukul 11.00 WIB, proses pemilihan secara elektronik selesai dilakukan.

Perekapan hasil suara pun diumumkan oleh Ketua Senat, dengan hasil sebagai berikut. Prof. Dr. Lizar Alfansi, SE, M.B.A, Ph.D mendapat 6 suara, Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D mendapat 16 suara dan Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc meraih suara terbanyak dengan 38 suara. “Inilah hasilnya, Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc meraih suara terbanyak dengan 38 suara. Prof. Lizar Alfansi 6 suara dan Dr. Fahrurrozi 16 suara. Jika ada sanggahan silakan diajukan," ujar Prof. Safnil sambil membagikan dan memunculkan hasil perolehan suara di layar monitor. Karena tidak ada sanggahan, sekira pukul 11.30 WIB, Ketua Senat Unib akhirnya mengetuk palu sidang dan menetapkan Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc sebagai Rektor Terpilih dan akan disampaikan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, untuk dilantik sebagai Rektor Unib 2021-2025.

"Pemilihan telah berlangsung baik dan dilakukan secara demokratis. Karena tidak ada sanggahan, maka Senat Unib menetapkan Dr. Retno Agustina Ekaputri, SE, M.Sc sebagai Rektor Terpilih," ujar Prof. Safnil seraya mengetuk palu dan mengucapkan selamat, sekaligus menutup Rapat Senat.

Rektor Unib 2021-2025 terpilih nantinya dijadwalkan akan dilantik tanggal 3 Oktober 2021. Pelantikan Rektor baru itu nanti untuk menggantikan Rektor Unib saat ini Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, Ak yang akan mengakhiri masa jabatannya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: