Saat Pandemi Justru Calon Mahasiswa UMB Meningkat

Saat Pandemi Justru Calon Mahasiswa UMB Meningkat

RBO >>>  BENGKULU >>>  Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) disaat pandemi justru calon mahasiswanya meningkat. Hal ini tercatat kenaikan lebih 30 persen dari pendaftaran ulang yang dilakukan calon mahasiswa yang tercatat di pusat data UMB. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UMB, Dr. Sakroni, M.Pd kepada radarbengkuluonline.com  di Kampus 1 UMB tadi siang.

"Alhamdulillah mahasiswa baru kita meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini lebih dari 2.000 calon mahasiswa yang mendaftar secara online dan lebih dari 1.500 yang sudah melakukan registrasi/daftar ulang," sampai Rektor UMB.

Senada disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr. Susiyanto, M.Si. Ia menyampaikan bahwa benar kenaikan mahasiswa baru UMB meningkat. Ia menambahkan keyakinannya target untuk mahasiswa baru UMB akan tercapai. "Tercatat pertanggal 18 September ini sudah tercatat pendaftaran ulang 1.547 orang. Kami optimis sampai akhir Oktober 2021 target 1.800 orang tercapai, yang mana target ini ditetapkan dalam Raker UMB," ucap Warek III.

Adapun jalur mahasiswa baru, Warek III menambahkan, melalui Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tercatat sebanyak 266 orang untuk institusi dan usulan dari masyarakat 19 orang. "Program KIP kita sudah tahap pemberkasan sebanyak 285 orang, tinggal pembukaan rekeningnya. Karena akhir September nanti harus clear semua," ucapnya.

Ada hal yang menarik minat orang tua menguliahkan anaknya di UMB, yakni potongan uang semester 1 sebanyak 50 persen. Hal ini juga perhatian UMB yang tidak mengutamakan profit oriented / mencari keuntungan semata disaat pandemi sekarang.

Di samping KIP Kuliah, UMB juga memberikan KIP UKT bagi mahasiwa yang telah kuliah mulai dari semester 3, 5 dan 7. Hal ini menjadikan UMB dengan kuota yang terbanyak se Provinsi Bengkulu dalam pemberian beasiswa. "Selain KIP Kuliah , UMB juga memberikan KIP UKT bagi mahasiswa semester atas, sehingga beasiswa dapat dirasakan secara merata. Ditahun ini karena Tren Pandemi menurun, sehingga kuotanya menurun 500 an orang. Namun biasanya ada penambahan diakhir tahun nanti dan ini belum dari beasiswa dari BUMN dan instansi lainnya."

Sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UMB berupaya memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui beasiswa, dimana hal ini sejalan dengan visinya. "Visi UMB tidak mengejar pada keuntungan. Melainkan memberikan kontribusi bagi masyarakat berupa beasiswa, baik untuk internal maupun lainnya." (Ae-4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: