Petani Jagung Seluma Raup Rp 30 Juta Perhektar

Petani Jagung Seluma Raup Rp 30 Juta Perhektar

RBO >>>  SELUMA >>>  Gubernur Bengkulu, Dr.H Rohidin Mersyah M.MA mengapresiasi produktivitas tanaman jagung petani di Kabupaten Seluma yang diklaim menghasilkan lebih kurang Rp 30 juta per hektar selama proses pengeringan dan perehaban jaringan irigasi Bendung Seluma (BS) oleh pihak Balai Wilayah Sumatera VII beberapa bulan lalu.
" Ternyata dengan hasil palawija jagung per musim tanam bisa menghasilkan 5 sampai 6 ton jagung. Selama empat bulan, dari mulai pembersihan lahan mampu menghasilkan Rp 30 juta, ini luar biasa," sampai Gubernur Bengkulu DR.H Rohidin Mersyah, Selasa (21/9).
Gubernur meminta Dinas Pertanian melalui Penyuluh Pertanian Lapangan  (PPL) untuk memberikan informasi tentang keuntungan menanam jagung kepada para petani. Karena ternyata jagung sangat menguntungkan ditanam di wilayah Kabupaten Seluma.
" Inilah fungsi PPL untuk memantau fungsi seperti itu. Jika memang harga gabah padi dan irigasi lancar, maka harus ada perhitungan. Itu baru harga jagung Rp 3.500 sampai Rp 4.000 per kilogramnya. Kalau harganya di atas Rp 4.000 per kilogram, maka petani akan tersenyum manis."
Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ir Ricky Gunarwan menyampaikan, pemanfaatan lahan persawahan yang dikelola selama musim pengeringan irigasi dialihkan dari tanaman padi ke tanaman jagung ." Benihnya diberi bantuan dari pemerintah jenis jagung Pionee P-35," sampainya. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: