Kodim 0428 Mukomuko Gelar Donor Darah Untuk Pasien RSUD

Kodim 0428 Mukomuko Gelar Donor Darah Untuk Pasien RSUD

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Kodim 0428/Mukomuko menggelar kegiatan bhakti sosial donor darah, Kamis (23/9) bertempat di Makodim yang beralamat di Jl. Danau Nibung, Kelurahan Bandaratu, Kota Mukomuko. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selanjutnya, darah yang diperoleh dari para pendonor akan diberikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko untuk mempermudah pelayanan medis terhadap pasien.

Dandim 0428/MM, Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP mengatakan, meski hanya dilaksanakan sehari, pihaknya menargetkan bisa mendapat 75 kantong darah berbagai golongan darah. Kodim menyediakan asupan tambahan berupa susu bagi para pendonor.

Dari pantauan radarbengkuluonline.com, kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB dan diikuti pendonor berasal dari personel Kodim, Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Mukomuko, Polres Mukomuko, Kejari Mukomuko, personel Pos AL, Pos Subdenpom dan pegawai Pemkab Mukomuko. "Sebetulnya, kebutuhan RSUD saat ini setidaknya 200 kantong darah. Khususnya darah golongan A dan AB. Karena kegiatan kita hanya sehari, target kami bisa dapat 75 kantong darah. Saya mengucapkan terimakasih kepada para pendonor," ucap Letkol Rinaldo.

Direktur RSUD Mukomuko, dr. Syafriadi, Sp.PD yang turut hadir dalam acara tersebut, saat dimintai keterangan mengatakan, saat ini RSUD Mukomuko memang sangat membutuhkan stok darah. Hari ini saja (kemarin) kebutuhan darah untuk pasien mencapai 30 kantong.

Tentu, kata Syafriadi, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim ini sangat membantu masyarakat dan juga RSUD Mukomuko. "Ya, ini sangat membantu. Membantu masyarakat dan juga RSUD dalam melakukan pelayanan. Jadi, thanks, kami ucapkan terimakasih kepada Pak Dandim yang menggagas kegiatan ini. Dan ini bukan yang pertama," sampai Syafriadi.

Ditambahkannya, kendala unit transfusi darah RSUD dalam menyetok darah saat ini, fasilitas freezer belum tersedia banyak. Freezer yang ada saat ini, hanya mampu menampung 40 sampai 50 kantong darah saja. "Ini tantangan kita juga, bagaimana nanti kita upayakan menambah freezer agar kita bisa menampung stok darah lebih banyak." (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: