Sakit, Warga Ranah Karya Diperjuangkan Dapat Bansos

Sakit, Warga Ranah Karya Diperjuangkan Dapat Bansos

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Kecamatan Lubuk Pinang merupakan wilayah yang ramai dan salah satu basis ekonomi di Kabupaten Mukomuko. Kendati demikian, di wilayah itu masih ada keluarga kurang mampu yang kondisinya memprihatinkan.

Lala Kusnadi (32), warga Desa Ranah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang termasuk keluarga kurang mampu. Tapi sayang, keluarga tidak mendapat bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah. Parahnya lagi, kondisinya saat ini sedang sakit cukup parah. Sehingga ia tidak bisa mencari nafkah untuk keluarga.

Pjs Kades Ranah Karya, Fery, SH membenarkan warganya bernama Lala Kusnadi termasuk keluarga kurang mampu. Ia pun tidak menepis kalau keluarga Lala belum mendapat Bansos dari pemerintah.

Diceritakan Pjs Kades, rumah Lala masih terbuat dari kayu berukuran sekitaran 5x6 meter. Lantainya masih tanah. Hanya tikar yang dibentang di atas lantai tanah untuk mengurangi dingin. "Tapi Alhamdulillah, saat ini lantai rumahnya sudah disemen, dibantu oleh warga sekitar. Saya sangat apresiasi dengan rasa kepedulian sesama masyarakat," ujar Fery kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Mengenai Bansos, Fery menjelaskan, dari pihak desa sudah berupaya memasukan data keluarga Lala Kusnadi agar bisa mendapat Bansos. Namun sayang, pada prosesnya terdapat kendala. "Kalau diusulkan sudah. Tapi ada kendala. Masalah NIK istrinya kalau gak salah. Tapi sekarang sudah diperbaiki. Selain Bansos, kami juga upayakan keluarga bisa dapat KIS. Apalagi Pak Lala ini sedang sakit," ujarnya.

Dapat Bantuan Warga, TNI dan Polri

Warga setempat, Khudori yang merupakan Anggota Polri menyampaikan hal senada. Kata Khudori, kondisi keluarga Lala Kusnadi cukup memprihatinkan.

"Sempat saya sampaikan ke Komandan (Kapolres Mukomuko) mengenai kondisi Pak Lala ini. Beliau respon. Akhirnya saya mengajak warga untuk membantu melantai rumah beliau. Kami gotong royong. Alhamdulillah rumahnya sudah berlantai semen," sampai Khudori, tadi siang.

Rekan-rekan TNI, tambah Khudori, juga telah memberikan bantuan kepada keluarga Lala Kusnadi. " Dari Kodim kemarin bantu sembako. Alhamdulillah ada bantuan mengalir," sampainya.

Sebagai tetangga, Khudori berharap, keluarga Lala bisa mendapat Bansos pemerintah. Termasuk juga mendapat KIS dan bantuan lain. "Kami warga juga sudah berupaya mendorong Pak Lala bisa mendapat Bansos, khususnya KIS. Karena beliau butuh berobat. Sekarang kondisi Pak Lala sedang sakit. Bekerja gak bisa. Kalau selama ini kerjanya serabutan," (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: