Petugas Lapas Perempuan Bengkulu Ikuti Pembinaan Antisipasi Gangguan Kamtib

Petugas Lapas Perempuan Bengkulu Ikuti Pembinaan Antisipasi Gangguan Kamtib

RBO >>>  BENGKULU >>>  Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu menggelar pembinaan fisik, mental dan disiplin (FMD). Hadir langsung dalam kegiatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Imam Jauhari, SH MH didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Bengkulu, Ika Yusanti.

Menurut Ika, kegiatan ini  sudah rutin digelar. Hanya saja, untuk kali ini menjadi atensi bagi Ditjen Pemasyarakatan agar seluruh jajaran yang ada dapat menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) seperti kebakaran dan lain lainnya. "Ini meningkatkan pengetahuan dan kapasitas pegawai rutin biasanya. Hanya saja kali ini dilakukan serentak karena ada peristiwa di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu, oleh karena itu pak Ditjen memberikan instruksi agar menggelar pelatihan Fisik Mental dan Disiplin ini. Agar kedepannya, para pegawai yang ada ini seluruhnya dapat cepat tanggap menghadapi ganguan kamtib yang ada," ujar Ika kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sama seperti sebelumnya, lanjutnya, walaupun mayoritas petugas dari kalangan kaum hawa, namun materi disampaikan tidak berbeda. Seperti dapat cepat tanggap memadamkan api, dapat meminimalisir potensi bahaya arus listrik. "Ya, sama seperti sebelumnya, semua petugas pengamanan masyarakat ini harus dapat menanggulangi adanya potensi bencana yang ada, baik itu kebakaran dan lain lainnya. Petugas bukan juga hanya melakukan pengamanan saja, namun harus dapat memberikan penyelamatan ini yang penting."

Ika melanjutkan, setelah ini pihaknya akan melakukan evaluasi dan monitoring terkait penerapan untuk dapat dilaksanakan. "Kedepan, seluruh satker akan dilakukan evaluasi nantinya setelah ini. Harus kita lakukan evaluasi dan monitoring, apakah nanti sesuai dengan SOP yang berlaku, baik itu menggunakan Alat pemadam kebakaran, dapat melihat adanya potensi bahayanya arus listrik dan lain lain."

Dilanjutkan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, Yekti Apriyanti,  pembinaan FMD ini akan berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 28 hingga 29 September 2021. Acara ini  diikuti oleh 68 Pegawai Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu dengan Instruktur langsung dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Brimob Polda Bengkulu.

"Materinya ini terkait bagaimana melakukan penyelamatan terhadap kebakaran. Bagaimana apabila ada terjadi gempa dan lain lainnya, mereka harus siap tanggap. Karena, kita tidak tahu kapan terjadinya potensi gangguan tersebut." (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: