Balon Kades Pulai Payung Lanjut Tingkat Kabupaten

Balon Kades Pulai Payung Lanjut Tingkat Kabupaten

RBO >>>  IPUH >>>  Sebanyak 6 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Pulai Payung, Kecamatan Ipuh selesai diseleksi panitia tingkat desa pada Kamis,(7/10) kemarin. Tahapan seleksi yang digelar panitia tingkat desa tersebut mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 25 tahun 2021 tentang pemilihan kepala desa. Adapun nama Balon Kades Pulai Payung yang sudah diseleksi tingkat desa yaitu, Mustarrudin, Budi Harto, Mustakim, Rolly Oktama, Wilton Subing, dan Irwansyah.

Ketua Panitia Pilkades Pulai Payung, Edi Susanto saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com  mengatakan, hasil seleksi yang sudah direkap panitia tingkat desa. Tahapan selanjutnya hasil seleksi tersebut disampaikan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pulai Payung. Kemudian selanjutnya disampaikan ke Kecamatan untuk disampaikan ke panitia tingkat kabupaten. "Untuk seleksi di tingkat desa sudah selesai kita laksanakan. Dan besok (hari ini- red) tahapannya seleksi tingkat panitia kabupaten," kata Edi Susanto kemarin.

Dikatakan Edi Susanto, adapun kriteria yang dinilai dalam seleksi ini diantaranya yaitu, pengalaman di bidang pemerintahan desa, pendidikan dan usia. Kriteria yang menjadi skor penilaian dalam seleksi tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam Perbup tentang pelaksanaan Pilkades tahun 2021. "Penilaian bisa diambil dari berkas administrasi. Karena pada saat pendaftaran masing-masing Balon menyerahkan berkas ke panitia," kata Edi.

Sementara Camat Ipuh, Epin Masyuardi, SP mengatakan, sesuai dengan aturan yang sudah ada, apabila Balon Kades melebihi dari 5 orang, maka ada seleksi tambahan. Dimulai dari seleksi panitia tingkat desa hingga seleksi tingkat kabupaten. Untuk wilayah Kecamatan Ipuh ada satu desa yang Balon Kades melebihi dari 5 orang. Yaitu, di Desa Pulai Payung. "Hari ini (kemarin- red) seleksi di tingkat desa sudah dilaksanakan. Hasil seleksi dari panitia tingkat desa langsung diteruskan ke kabupaten untuk tahapan seleksi selanjutnya," demikian imbuh Epin Masyuardi.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: