UKM P3M Unib Gelar Pesta Karya Mahasiswa 2021

UKM P3M Unib Gelar Pesta Karya Mahasiswa 2021

RBO >>> BENGKULU >>> Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa (UKM P3M) Universitas Bengkulu tahun ini kembali mengadakan acara tahunan Pesta Karya Mahasiswa (PKM). Acara PKM ini merupakan sebuah event kompetensi antar mahasiswa di seluruh Indonesia, dimana pada acara PKM tahun ini mengadakan lomba essai.

“Selain lomba essai, kami juga mengadakan acara seminar online sebagai puncak acara. Pada seminar online ini juga akan diumumkan pemenang dari lomba essai tersebut. Lomba essai telah dimulai pada tanggal 4 Oktober 2021 kemarin, dan akan selesai pada tanggal 15 Oktober. Dan untuk seminar onlinenya akan diadakan pada tanggal 27 oktober 2021. Jadi, dapat dikatakan acara PKM ini diselenggarakan pada 4 Oktober 2021 hingga 27 oktober 2021,''    ujar Jeri Harliangga,  Ketua Panitia PKM 2021 saat dihubungi radarbengkuluonline.com Jumat (8/10).

Saat ini, lanjutnya, untuk jumlah peserta yang telah mendaftar masih di bawah 15 orang. Karena poster lomba masih belum tersebar secara menyeluruh. Mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti Acara PKM harus memenuhi syarat. Dimana syarat-syaratnya adalah, peserta yang ikut lomba tersebut merupakan mahasiswa/i dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang dibuktikan dengan foto  KTM, karya yang dikirimkan itu hanya 1 karya dan peserta dapat mencantumkan surat keaslian atau orisinalitas yang dapat didownload pada form yang telah disediakan. Dan peserta juga wajib memfollow akun instagram P3M @ukm_p3m_unib  untuk mendapat infomasi lebih lanjut.

Ia juga menjelaskan, jika pada proses penjurian pihaknya telah memilih 3 juri yang  paham dalam penulisan essai. Dimana pada penulisan essai ini akan ada beberapa hal yang akan dinilai. Lalu nilai peserta tersebut akan diakumulasikan untuk menentukan pemenangnya. Tema yang dingkat pada acara PKM tahun ini adalah "Kontribusi dan Peran Pemuda Dalam Upaya Penanggulangan Pandemic Covid-19 serta strategi menghadapi era normal baru." Tema tersebut dipilih agar dapat  memberikan peluang atau kesempatan untuk para pemuda agar para pemuda ini dapat menuangkan semua kreativitas mereka dalam berkarya. Terutama dipembuatan essai,  dimana pada karya yang mereka buat tersebut mungkin akan menjadi solusi pada masa pandemi covid-19.

“ Selain solusi untuk yang terjadi saat ini, kita juga dapat menilai bagaimana strategi pada era normal baru nanti. Nah, dari hal inilah para pemuda berkontribusi. Selain berkarya dan dapat memberikan ide pada masa pandemi ataupun saat era normal baru,”tambahnya.

Ia menambahkan, 2 tujuan acara PKM ini diadakan agar dapat menjadi wadah pengembangan ide dan kreatifitas mahasiswa, dapat mendorong terciptanya kontribusi dan manfaat dari implementasi karya yang dibuat, dan dapat meningkatkan jiwa kompetitif yang mendukung peningkatan kualitas mahasiswa itu sendiri. ''Yang penting adalah dapat memberi pengetahuan, wawasan, pembelajaran, dan motivasi terkait konstribusi dan produktivitas di masa pandemi ini. Kemudian berharap dengan dilaksanakannya acara PKM ini dapat membangun motivasi para pemuda di masa pandemi  dan dapat membuat para pemuda berpikir bahwa walau dimasa pendemi seperti ini masih dapat terus berkarya.'' (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: