Buku-Buku Murah Itu Ada di Toko Bukomie

Buku-Buku Murah Itu Ada di Toko Bukomie

radarbengkuluonline.com - BENGKULU - Bukomie adalah sebuah toko buku yang menjual beli buku bekas yang beralamatkan di Unib belakang, Bengkulu. Buku yang dijual disini pun beragam. Seperti buku anak-anak, buku pemikiran, buku kuliah, buku pengembangan diri, non fiksi, komik, ensiklopedia, novel, bisnis, buku agama, dan majalah dengan harga teramat murah. Mulai dari Rp 5 ribu sampai dengan Rp 70 ribu. Ini tergantung dengan tebal, kualitas dan terkenal/tidaknya buku tersebut.

“ Bukomie sudah dimulai sejak satu tahun lalu. Kisaran bulan Juni, tapi belum konsisten. Yang benar-benar konsisten baru ditahun ini, 4 bulan lalu dan itu juga dimulainya menggunakan mobil ( book truck ) dan  ternyata prospeknya bagus. Akhirnya setelah 2 bulan baru pindah ke toko ini, “ ujar Ahmad Lutfi yang akrab disapa Alu (25) selaku pemilik saat ditemui radarbengkuluonline.com di tempat usahanya, Kamis (19/11). BACA JUGA: Taman Sport Termurah, Terlengkap, Banyak Promo

Bukomie, lanjutnya, singkatan dari buku, kopi, dan mie. Namun, saat ini masih fokus pada bukunya terlebih dahulu. Karena masih berproses, sehingga untuk kopi dan mie akan menyusul.

Alu juga menjelaskan inspirasi pertama untuk membuka bukomie karena melihat di Jawa setiap kampus memiliki toko buku. Sehingga menimbulkan keinginan untuk membuat hal serupa. Terlebih di Unib belakang belum ada toko buku dan akhirnya melihat prospek. Alasan pemilihan nama bukomie sendiri karena 3 hal itu merupakan hal yang sangat disukai oleh Alu.

Alu juga menambahkan, jika pada awalnya buku-buku ini dari koleksi pribadi. “Saat di Curup kan ingin membuka perpustakaan umum. Setelah dibuka dan diberi secara gratis orang-orang justru tidak mau. Tapi, kalau disuruh beli, mereka justru mau. Akhirnya dari pada bukunya tidak terbaca, diberi gratis tidak mau, akhirnya dijual. Setelah semua koleksi pribadi terjual, terus nambah-nambah lagi. Nambahnya itu ada orang yang jual kesini,  ada yang dipesan di Bengkulu hingga di Jawa. Pokoknya disini baca ditempat bisa, belanja bisa, dan menjual juga bisa,” ujarnya.

Dengan antusias dan peminat yang banyak terhadap Bukomie,  Alu dapat meraup keuntungan mencapai 2 digit dikisaran Rp 15 juta hingga 30 juta perbulannya. Bukomie bahkan sudah mengirim buku-buku yang dipesan ke Jawa Tengah hingga ke Papua.

Jadi, buat kamu yang berminat untuk membeli bisa langsung datang ke tokonya atau bisa juga pesan di WA : 083136241894. Selain WA, kamu juga bisa memesan di sosial medianya bukomie diakun Instagram @bukomie, dan Facebook bukomie. Diakun media sosial ini kamu juga bisa memantau berbagai diskon yang sering diadakan oleh pihak bukomie.

“Komik harga Rp 10 ribu. Kalau beli banyak, akan ada diskon. Kalau pembelian di atas Rp 100 ribu akan diberi diskon maksimal 20 persen,” tambahnya.

Bukomie juga menjual buku baru yang dijual dengan harga yang sama seperti buku bekas lainnya. Selain buku, bukomie juga menjual miniatur anime yang dijual dengan kisaran harga Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu. Ini tergantung detail dan ukuran. Uniknya lagi, di bukomie  kamu juga bisa meminjam buku yang ada di toko dengan konsep yang menarik.

“ Kalau untuk pinjam bisa, tapi konsep yang ditawarkan dari perpustakaan itu agak beda. Kalau pinjam disini sistemnya beli dulu buku disini, nanti bisa dikembalikan lagi untuk dijual dengan setengah dari harga beli,” ungkapnya.

Kedepannya Ali berencana akan menambah kursi dan meja payung, serta Wi-Fi, sehingga pengunjung yang datang bisa nongkrong di bukomie. Jadi tunggu apa lagi, jangan lupa mampir ya. (Mg-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: