Kepahiang Usul 600 Formasi Guru PPPK

Kepahiang Usul 600 Formasi Guru PPPK

radarbengkuluonline.com, KEPAHIANG-Pemerintah Kabupaten Kepahiang mengusulkan sebanyak 600 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru pada tahun 2022 ini. Usulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan daerah terhadap guru tenaga pendidik.

BACA DULU: Gubernur Minta Masyarakat Ikuti Ini

Bupati Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU berharap Pemerintah Pusat menyelenggarakan lagi seleksi PPPK guru tersebut pada tahun ini. Banyaknya usulan yang disampaikan lantaran pemerintah kabupaten tidak lagi khawatir, karena pembiayaan PPPK guru nantinya akan dialokasikan dari APBN. Yakni terkait gaji dan tunjangan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

BACA JUGA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (27)

"Dulu kita usulkan sedikit, karena asumsi pembiayaannya dari APBD. Tapi setelah koordinasi dan informasi dari Kemendikbudristek PPPK, guru dibiayai APBN. Maka kita usulkan sebanyak 600 formasi," jelas Bupati.

PERLU DIBACA: Bupati, Wakil Bupati Penuhi Tuntutan Warga Seluma

Sementara itu, saat ini pemerintah kabupaten tengah membatasi jumlah tenaga harian lepas (THL) lantaran diberlakukannya kebijakan belanja pegawai wajib 30 persen dari total APBD. Dampaknya, THL bidang administrasi dipastikan akan berkurang dari jumlah sebelumnya. Untuk bidang lain, seperti THL, Pemkab sedang melakukan telaah menghitung kembali berapa anggaran yang mampu untuk merekrut kembali tenaga harian lepas.

"Sementara THL guru diharapkan nantinya dapat diakomodir PPPK dari pusat. Nanti Pemkab Kepahiang akan selektif mengevaluasi kembali penerimaan jumlah THL pada tahun 2022. Namun, beberapa kategori yang tetap dipertahankan adalah sopir, jaga malam dan cleaning servis." (crv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: