Sapuan: Saya Belum Pernah Terbitkan Rekomendasi Soal HGU

Sapuan: Saya Belum Pernah  Terbitkan Rekomendasi Soal HGU

Bupati Mukomuko Pastikan Tidak Lari dari Pendemo

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM memastikan tidak menghindari alias lari dari massa ujuk rasa dari Koalisi Masyarakat Sipil (KMS) Desa Air Berau dan desa penyanggah, pada hari Selasa (22/3) kemarin.

Ia mengaku, sebelumnya tidak mengetahui ada aksi ujuk rasa yang dilakukan masyarakat di Kantor Bupati. Ia tahu ada demonstrasi disaat ia sedang mengikuti acara yang telah diagendakan jauh-jauh hari. Ia menjelaskan, pada hari Selasa (22/3) kemarin, agendanya dimulai sejak pagi hingga sore hari. Bahkan satu agenda merupakan acara Pemprov Bengkulu bersama Kajati dan Polda Bengkulu.

"Ada giat Pak Gubernur, Kajari, dan Kapolda dalam rangka pembinaan optimalisasi pemanfaatan Dana Desa. Jadi saya gak tahu adanya demo," terang Bupati kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Ditanya mengenai tuntutan massa yang meminta Bupati Mukomuko serta  Gubernur Bengkulu menolak perpanjangan izin HGU PT DDP Air Berau Estate (ABE), Bupati mengatakan, bahwa izin HGU itu bukan wewenang dari Pemkab Mukomuko. "Sebagaimana kita ketahui, pemberian izin HGU itu bukan wewenang Pemerintah Kabupaten Mukomuko, tapi wewenang pemerintah pusat," terangnya.

Kemudian ditanya mengenai rekomendasi yang berkaitan dengan perpanjangan HGU, Bupati Sapuan menegaskan ia belum pernah menerbitkan rekomendasi apapun yang berkaitan dengan perpanjangan maupun pengajuan HGU baru, termasuk dari PT. DDP. "Saya belum pernah mengeluarkan rekomendasi apapun," tegasnya.

Tambah Bupati Sapuan, setiap surat rekomendasikan yang bakal dikeluarkan sebagai syarat pengurusan izin tertentu di pemerintah pusat, ia memastikan harus sesuai dan mengacu pada peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: