Bupati dan Pejabat Seluma Ngudak Gelamai

Bupati dan Pejabat Seluma Ngudak Gelamai

radarbengkuluonline.com, SELUMA- Seperti daerah lainnya, masyarakat Kabupaten Seluma mempunyai makanan khas Lebaran yang disebut Gelamai. Gelamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung beras ketan, gula aren atau gula pasir dan santan yang berasal dari Daerah Seluma.

Untuk melestarikan kearifan lokal, Pemkab Seluma, Selasa (26/4) melibatkan sejumlah pejabat dan ASN serta tokoh adat dan masyarakat bersama-sama memasak gelamai. Proses pengadukan yang lama, menjadi satu keunikan tersendiri.

Bahkan Bupati Seluma, Erwin Octavian SE dan Wabup Drs Gustianto juga mengaduk gelamai diikuti sejumlah pejabat lainnya yang di pusatkan di halaman gedung daerah Serasan Seimbang Seluma. Ikut serta dalam Ngudak Gelamai ini para Asisten, Staf Ahli, Ketua dan Anggota TP-PKK Kabupaten Seluma, Herawati Erwin Octavian dan Seluruh Kepala OPD beserta jajarannya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE menyampaikan, Ngudak Gelamai menjelang Idul Fitri merupakan kearifan lokal masyarakat Serawai, yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang, dan di lestarikan hingga sekarang. "Ini salah satu wujud melestarikan kearifan lokal. Pada zaman dahulu nenek moyang kita selalu melakukan Ngudak Gelamai menjelang Idul Fitri," sampai Bupati Seluma Erwin Octavian SE kepada radarbengkuluonline.com, Selasa (26/4).

Selain rasanya yang manis dan mantap, serta dibutuhkan tim yang tangguh dalam membuat gelamai, Bupati juga menyampaikan banyak manfaat dan pesan yang bisa dipetik di dalam Ngudak Gelamai tersebut. " Yaitu kebersamaan dan kekompakan. Hal ini kita implementasikan dalam membangun Kabupaten Seluma," pesannya. (0ne)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: