Kepahiang Dinyatakan Bebas Covid-19

Kepahiang Dinyatakan Bebas Covid-19

dr Feby: Gejala Pasien Pasca Lebaran Kebanyakan Diare

radarbengkuluonline.com,KEPAHIANG-Semenjak 2 bulan terakhir dan setelah pasca lebaran Idul Fitri di Kabupaten Kepahiang masih dinyatakan bebas dari penularan corona virus disease 2019 (Covid-19).

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kepahiang, dr Febi Nur Sanda, menyampaikan tidak adanya specimen yang diperiksa pihaknya hingga kemarin. “Ya, sampai saat ini alhamdulillah di Kepahiang masih terpantau aman. Belum ada laporan yang kami terima, baik dari RS maupun Puskesmas yang melaporkan adanya masyarakat kita yang terkonfirmasi Covid-19,” ujarnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Lanjutnya, sejauh ini pula pihaknya belum ada memeriksa specimen sebagai dasar untuk mengetahui seseorang terkonfirmasi Covid-19 atau tidak. "Kita harap kondisi ini menjadi awal baik untuk kita dapat mengakhiri masa pendemi ini. Dengan adanya pernyataan dari Presiden RI beberapa waktu lalu, tentang diperbolehkannya masyarakat untuk tidak mengunakan masker di tempat terbuka atau tempat yang tidak padat orang, untuk di Kabupaten Kepahiang sendiri sudah bisa dilakukan.’’

Sementara itu, saat ditanya penyakit apa yang sering terkena gejala pasca lebaran, Ia menjelaskan, salah satu penyakit yang terkena pasa pasien yakni masalah pencernaan atau diare. Kemungkinan disebabkan karena 'salah makan', gangguan pencernaan bisa disebabkan perubahan pola sehari-hari pada masyarakat sepanjang berlibur Lebaran. Mengapa demikian? Penyakit pencernaan yang kerap muncul pada pasien pasca Lebaran berupa diare, sakit perut, muntah, sembelit, serta intoleransi dan alergi makanan.

"Ini yang terjadi pada pasien secara umum, disebabkan karena perubahan pola sehari-hari sehingga imunitas turun. Ditambah kontak dengan orang banyak yang mungkin saja banyak sumber penyakit penularan."(crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: