Masih Banyak Truk Batu Bara Nikmati Solar Bersubsidi

Masih Banyak Truk Batu Bara  Nikmati Solar Bersubsidi

Yar- Kendaraan sedang mengisi bahan bakar di SPBU KM 6, 5 Jalan Gedang Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi merupakan salah satu amanah yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel. Saat ini yang terjadi dilapangan, salah satunya di wilayah Bengkulu, masih banyak truk pengangkut batu bara yang memaksa melakukan pengisian Solar Subsidi. Jika tidak diatur besar kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun, tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No.4.E/MB.01/DJB.S/2022 tentang penyaluran BBM JBT dan Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014, kendaraan pengangkut Mineral dan Batubara tidak diperbolehkan mengisi solar subsidi.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, subsidi yang tepat sasaran ini menjadi penting. Ini mengingat pemerintah sendiri telah berkontribusi besar mengalokasikan anggaran subsidi energi yang cukup besar.

"Untuk itu, melalui program Subsidi Tepat, Pertamina berupaya untuk mencegah terjadinya penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak tepat sasaran," pungkas Nikho.

BACA JUGA:Gorong-Gorong Tertutup Tanah, Jalan Nasional Banjir

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus memastikan stok dan penyaluran aman dan mencukupi untuk kebutuhan sektor lain. Seperti angkutan logistik sembako serta angkutan umum yang lebih berhak.

Selain regulasi, pengawasan bersama adalah cara yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali penyalahgunaan agar BBM subsidi ini disalurkan dengan tepat sasaran.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (44)

"Kami membutuhkan peran serta dari seluruh stakeholder terkait dalam hal mengawal dan mengawasi penyaluran BBM Subsidi agar lebih tepat sasaran, baik dari sisi regulasi maupun dari segi pengawasan serta penegakkan hukum, Pertamina sebagai operator tidak akan efektif jika melakukannya sendiri. Saran dan perhatian berbagai pihak pun dibutuhkan dari setiap elemen masyarakat, agar subsidi yang saat ini sudah diberikan oleh Negara, dapat langsung diterima oleh warga yang paling membutuhkan dan tepat sasaran," tutur Nikho.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: