Bupati Mukomuko Dorong Korban Narkoba untuk Direhabilitasi

Bupati Mukomuko Dorong Korban Narkoba untuk Direhabilitasi

 

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM mendorong warga yang menjadi korban peredaran narkoba sampai menjadi pecandu untuk dapat direhabilitasi. Baik itu rehabilitasi medis/kesehatan maupun rehabilitasi sosial.

Sebab itulah, Pemkab Mukomuko berencana membangun panti rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Bupati tidak memungkiri, bahwa sudah banyak warga Mukomuko terpapar narkoba. Salah satu bukti, tingginya kasus narkoba yang ditangani aparat kepolisian di daerah ini.

Meski angka kasus narkoba tinggi, warga Mukomuko yang terlibat lebih banyak sebagai pemakai yang tidak lain sebagai korban peredaran barang haram tersebut.

Panti rehab pecandu narkoba ini nanti diperuntukan bagi warga kurang mampu. Sementara, bagi warga yang memiliki kemampuan ekonomi, disarankan untuk menjalani rehabilitasi secara mandiri jika sudah kecanduan narkoba.

BACA JUGA:Harga Cabai Mulai Turun di Seluma

"Rencana kita membangun panti rehab bagi pemakai narkoba. Peruntukan tentu bagi warga kurang mampu. Pemakai tidak harus menjalani hukuman penjara. Satu sisi sekarang LP (Lembaga Pemasyarakatan) sudah padat. Lakukan rehabilitasi agar betul-betul korban ini terbebas dari ketergantungan dengan narkoba. Lain hal kalau warga ini terlibat dalam peredaran barang haram ini, penegak hukum yang bakal memproses," sampai Bupati Sapuan.

Rencana Pemkab bakal membangun panti rehabilitasi pecandu narkoba ini, juga atas permintaan pemerintah pusat. Dimana, pemerintah pusat juga mengambil peran aktif dalam mendorong warga yang sudah terlanjur menjadi pecandu narkoba untuk direhabilitasi.

"Pengelolaan panti rehabilitasi pecandu narkoba ini nanti, Pemkab akan bekerja sama dengan FKPD. Sehingga semuanya punya tanggungjawab, terhadap program rehabilitasi tersebut. Dan juga memastikan program rehabilitasi berjalan sebagaimana seharusnya," ujar Bupati.

BACA JUGA:Bus Rombongan Atlet Karate Bengkulu Terperosok, 3 Orang Terluka

"Mudah-mudahan rencana ini bisa cepat terwujud, untuk membantu warga kita yang terlanjur kecanduan narkoba," demikian Bupati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: