Kenduri Dusun Laman, Tradisi Leluhur Tolak Bala Dihadiri Bupati

Kenduri Dusun Laman,  Tradisi   Leluhur Tolak Bala Dihadiri Bupati

Bupati Seluma foto bersama ibu-ibu saat menghadiri tradisi kenduri dusun laman di Kelurahan Napal Kecamatan Seluma-Wawan-

 

SELUMA, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Ratusan masyarakat dan tokoh adat Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma, Rabu (5/10) menggelar kenduri Dusun laman. Kenduri dusun laman dilakulan selain menjaga tradisi leluhur juga sebagai rangkaian agar wilayah sekitar dan umumnya Kabupaten Seluma terhindar dari musibah atau bala'. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Seluma Erwin Oktavian SE. 

Dalam kesempatam itu, bupati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Karena, kegiatan syukuran kenduri ini merupakan salah satu wujud program Seluma beragama dan berbudaya. 

" Alhamdulillah hari ini sudah digelar kundurian di Kelurahan Napal. Ini merupakan kegiatan aksi nyata dalam program Seluma berbudaya dan beragama. Apalagi malam sebelumnya juga digelar lomba kebudayaan. Seperti tari adat dan lainnya," ujar Bupati Seluma Erwin Oktavian SE, Rabu (5/10). 

Menurut Bupati, dalam suatu wilayah kegiatan kebudayaan dan keagamaan merupakan identitas daerah. Sehingga, perlu terus dilakukan dan dikembangkan.


Bupati menghadiri tradisi kenduri dusun laman di Kelurahan Napal Kecamatan Seluma-wawan-

" Harapannya, kegiatan semacam ini nantinya dapat rutin dilaksanakan setahun sekali. Karena ini merupakan ajang silaturahmi seluruh masyarakat," ujar Bupati. 

Bupati juga mengingatkan, agar masyarakat kompak melakukan gotong royong kebersihan lingkungan setiap hari Jumat. Karena budaya gotong royong harus terus dilestarikan. 

Sementara itu, tokoh masyarakat Kelurahan Napal, Suarto S. Pd menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan kenduri tersebut. 

" Kendurian untuk mengenang jasa dari moyang kami dahulu. Maksud dan tujuan yaitu pertama silaturahmi dengan masyarakat Kelurahan Napal, juga sebagai doa agar terhindar dari bala' atau musibah, " sampainya. (One) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: