TPI Urai Masih Kurang Fasilitas Penunjangnya

TPI  Urai  Masih Kurang Fasilitas Penunjangnya

Nelayan Urai Harapkan Pembangunan Lanjutan TPI-Berlian-

 

KETAHUN, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang telah dibangun Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara beberapa waktu lalu di Desa Urai, Kecamatan Ketahun, Bengkulu Utara saat ini telah dimanfaatkan para nelayan Desa Urai.

Pembangunan TPI yang diperuntukan bagi nelayan Desa Urai ini tentu bertujuan untuk memudahkan nelayan dan pelaku usaha perikanan untuk melakukan transaksi jual beli ikan tangkapan nelayan yang secara langsung dapat menunjang kesejahteraan para nelayan.

Tidak hanya itu, peran TPI juga dinilai dapat mendorong serta menopang perekonomian daerah dan nasional. Namun tentu terwujudnya kesejahteraan di bidang kelautan ini harus disertai dukungan dan peran aktif pemerintah melalui instansi terkait.

Bangunan TPI di Desa Urai itu, sebenarnya telah dirasakan manfaatnya bagi para nelayan Desa Urai yang berjumlah hampir 80 orang tersebut. Hanya saja, kondisi bangunan TPI yang berukuran kecil serta kurangnya peralatan penunjang lainnya, masih dianggap kurang membantu para nelayan di Desa Urai.

Kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID , Ketua BPD Urai M Razi yang sekaligus menjabat sebagai ketua kelompok nelayan Desa Urai mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan yang ada di desanya itu. Dengan telah dibangunanya dermaga TPI hingga para nelayan pun telah memanfaatkan fasilitas TPI tersebut.

"Tentu apresiasi kita sampaikan kepada Pemkab melalui instansi terkait atas perhatian terhadap peningkatan perekonomian nelayan di Desa Urai. TPI yang telah dibangun di desa kami ini telah kami manfaatkan sebagaimana peruntukannya," ungkap M. Razi.

Ditambahkan M Razi, kondisi bangunan TPI itu masih sebatas satu bangunan dengan ukuran kecil, dan dipastikan bangunan itu masih belum mencukupi bagi para nelayan Desa Urai yang berjumlah hingga 80 orang tersebut.

"Masih satu bangunan yang telah direalisasikan. Idealnya empat bangunan baru dapat mencukupi lokasi penumpukan ikan tangkapan para nelayan," terangnya.

Di sisi lain, dirinya dan pemerintahan desa pun akan melayangkan usulan dan proposal untuk penambahan bangunan TPI serta alat penunjang para nelayan lainnya. M Razi berharap, Pemerintah dapat menjadi pembangunan lanjutan TPI di Desa Urai sebagai program prioritas pada tahun angaran 2023 mendatang.

BACA JUGA:Titik Nol Trans Enggano Akan Dilakukan Bupati Mian

"Saat ini bangunan yang ada sangat kurang, nelayan dan pemdes akan usulkan penambahan bangunan TPI itu. Semoga nanti pemkab dapat memprioritaskan pembangunan TPI di Desa Urai pada tahun anggaran 2023 me datang," tutup M. Razi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: