Pembangunan PPN Bisa Tumbuhkan Ekonomi Bengkulu

Pembangunan PPN Bisa Tumbuhkan Ekonomi Bengkulu

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM-Iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) kian dimantapkan. Terbukti Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, didampingi DKP Kabupaten Seluma turun langsung ke lokasi pembangunan PPN yang terletak di Desa Pasar Seluma, Kabupaten Seluma.

Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Syafriandi mengatakan, pengecekan lokasi hari ini (kemarin, red) merupakan salah satu tahapan pemantapan dalam rencana pembangunan PPN tersebut. "Pembangunan yang merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dialokasikan anggaran sekitar Rp 16,2 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," ungkapnya.

Menurutnya, awal tahun depan direncanakan pematangan lahan terlebih dahulu, salah satunya untuk akses jalan masuk ke lokasi pembangunan PPN.

"Kitapun menargetkan Desember nanti proses lelang sudah selesai. Sehingga awal tahun bisa berkontrak, dan dilanjutkan dengan tahapan pengerjaan rencana pembangunan PPN," kata Syafriandi.

Ia menambahkan, dalam proses pembangunanya nanti tetap diharapkan dukungan dari semua pihak. Termasuk Pemkab Seluma, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan lahan.

"Rencananya PPN ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektar. Saat ini baru tersedia 6,2 hektar. Sisanya kita berharap Pemkab Seluma dalam menyelesaikan kekurangan lahan 4 hektar itu," harapnya.

BACA JUGA:APBD-P Provinsi Bengkulu Harus Dirasionalisasikan

Sementara Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM meyakini, dengan keberadaan PPN nantinya diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di samping itu juga pasti berdampak terhadap percepatan pembangunan di Kabupaten Seluma. Maka dari itu pihaknyapun berharap pembangunannya nanti dapat berjalan lancar.

BACA JUGA:TAPD Sampaikan Dokumen Rancangan Rasionalisasi Defisit Raperda APBD 2023

"Rp 16,2 miliar itu pembangunan tahap awal, dan tahun berikutnya kembali dianggarkan untuk pembangunannya mengingat PPN ini merupakan program KKP RI. Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, pembangunan PPN ini merupakan salah satu proyeksi pembangunan besar bagi Provinsi Bengkulu," demikian Jonaidi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: