Ikatan Keluarga Solok Provinsi Bengkulu akan Pilih Ketua Baru

 Ikatan Keluarga Solok Provinsi   Bengkulu akan Pilih Ketua Baru

Ir. H.Yasar Arsa, MT , Ketua IKS Provinsi Bengkulu periode 2017-2022-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID   - Pertengahan bulan Desember 2022, dipastikan Ikatan Keluarga Solok (IKS) Provinsi Bengkulu memiliki ketua baru untuk masa bakti 2022-2027.

Informasi ini diketahui RADAR BENGKULU melalui Ketua IKS Provinsi periode 2017-2022, Ir. H. Yasar Arsa ,MT kemarin (8/11).

"Sesuai dengan pogram kerja pengurus periode 2017-2022, sebelum bulan Desember 2022 kepengurusan yang baru (2022-2027, red) harus sudah terbentuk. Sebenarnya, setelah acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 29 Oktober 2022 lalu yang diadakan di Rumah Gadang IKS, selain pembubaran panitia Maulid Nabi, rencananya ada acara pembentukan panitia pelaksana pemilihan untuk memilih Ketua IKS yang baru. Namun karena jumlahnya tidak quorum karena banyak ketua jurai tidak datang, maka batal. Malah kemarin ada suara-suara pengurus yang meminta H. Syah Bandar, SPd yang merupakan GM RADAR BENGKULU untuk jadi ketua panitia pelaksana. Tapi karena beliau tidak bersedia, maka proses kegiatan untuk pemilihan ketua baru tidak jadi dilaksanakan," kata Yasar.

Lanjut Yasar, tanggal 13 November 2022 akan dilakukan pembentukan panitia pelaksana pemilihan. "Maka dari itu, In shaa Allah Minggu malam Senin tanggal 13 November 2022 diadakan rapat pembentukan panitia pelaksana pemilihan dan Steering Comitte (SC) nya. Dan itu diadakan di kediaman saya," ucap Yasar.

Jumlah suara yang diperebutkan para kandidat 16 suara. "Kalau di periode 2017-2022 lalu, jumlah suara yang diperebutkan adalah 16 suara yang merupakan suara para jurai. Jurai disini adalah nagari-nagari (kecamatan ,red) yang ada di Solok. Untuk pemilihan periode 2022-2027, ada kemungkinan bertambah suara yang akan diperebutkan. Seperti suara dari dewan pembina, 3 ketua DPD IKS dan 1 suara dari Bundo Kanduang. Namun untuk kepastian, masih menunggu penggodokan dari kepanitian hasil pertemuan minggu malam Senin nanti." 

BACA JUGA:Rocky Gerung, Sultan dan Gubernur Rohidin Jadi Nara Sumber Seminar Nasional Unived

Mengenai siapa saja kandidat calon Ketua IKS Provinsi yang baru, Yasar Arsa tidak mau berkomentar. "Siapa saja kandidatnya saya no comment," tutur Yasar sambil tersenyum.

Syarat utama yang mau mencalonkan diri yaitu orang Solok dan berdomisili di Provinsi Bengkulu. "Siapa pun bisa mencalonkan diri jadi calon Ketua IKS. Yang penting dia orang Solok dan berdomisili di Provinsi Bengkulu. Kalau dia orang Solok tapi tinggal misal di Lampung atau Jambi, dia tidak bisa ikut pencalonan."

Mengenai ada suara yang menginginkan Ir. Yasar Arsa, MT kembali duduk di Ketua IKS Provinsi, Yarsa Arsa dengan tegas menolaknya.

BACA JUGA:Kedatangan Dewan Gubernur BI Bangun Optimisme Ekonomi Bengkulu

"Dalam AD/ART sudah tertuang, ketua yang sudah 2 kali menjabat tidak boleh lagi mencalonkan atau dicalonkan untuk kali ke 3. Kalau untuk jadi sekretaris bisa. Siapapun dia, saya akan ada di barisan pendukung dan tongkat estafet kepemimpinan harus berganti agar regenerasi bisa berjalan," pungkas Yasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: