HUT Bengkulu ke 54 Tahun, Gubernur Bengkulu Berikan Penghargaan Pemenang Desa Wisata Terbaik

HUT Bengkulu ke 54 Tahun, Gubernur Bengkulu Berikan Penghargaan Pemenang Desa Wisata Terbaik

Gubernur berikan hadiah pemenang desa wisata Provinsi Bengkulu 2022--


--
--
--
--

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dimoment ulang tahun  provinsi Bengkulu ke 54 tahun, Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, MMA memberikan penghargaan kepada pemenang desa wisata tahun 2022. Para pemenang mendapatkan hadiah uang tunai puluhan juta dan mendapatkan piagam penghargaan serta tropy.

Pada program lomba desa wisata tahun 2022 ini ada 48 desa se provinsi Bengkulu yang ikut dalam kompetisi. Ini menandakan hal baik dan positif bagi sektor pariwisata Bengkulu.

"Harapannya kedepan agar semua desa dapat ikut berpartisipasi untuk mengikuti ajang lomba desa wisata.  Kepada dinas kabupaten kota saya imbau juga, mari kita bersama mengingatkan program desa wisata di wilayahnya masing - masing. Dengan tujuan nanti kita dapat membenahi, memperbaiki sekaligus mendapatkan peringkat baik di tingkat provinsi maupun nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Saidirman, M.Si.

Saidirman juga mengatakan, mendorong desa wisata ini pihak Dinas Pariwisata Provinsi  Bengkulu terus mendorong dan menjalankan perannya. "Kami sosialisasikan apa itu pentingnya ikut lomba desa wisata, lalu kami seleksi dengan ketat lewat unsur juri dari berbagai sektor seperti akademisi, pelaku pariwisata. Dengan adanya penilaian dari juri yang selektif ini akan betul - betul terbentuk desa wisata yang menimbulkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dan juga dari hasil penilaian para juri ini, desa wisata yang menang dapat menjadi percontohan tempat belajar desa lain agar bisa menjadi yang terbaik dalam mengelola destinasi wisata diwilayahnya," katanya.

Berdasarkan keputusan dewan juri tentang penetapan 10 besar desa wisata terbaik se provinsi Bengkulu tahun 2022 yakni Desa Wisata Air Sempiang, Kepahiang terbaik I dengan perolehan nilai 1.361, lalu terbaik ke dua yakni desa wisata Sumber Urip Rejang Lebong  dengan nilai 1.289 . Kemudian desa wisata terbaik ke tiga yakni desa wisata Lubuk Resam dengan nilai 1185. Desa wisata terbaik ke 4 yakni desa wisata Batu Ampar, terbaik ke lima desa Rama agung, terbaik enam desa wisata Rindu Hati, terbaik tujuh desa wisata Kota Baru Santan, terbaik delapan desa wisata Air Tenam, terbaik sembilan desa wisata Batu Raja Rejang dan terakhir kampung batik besurek Betungan Kota Bengkulu.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, desa wisata dapat menjadi akar pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dan juga dapat sebagai pemulihan ekonomi di level pedesaan pada sektor pariwisata, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu solusinya adalah dengan pembenahan dan pengembangan desa-desa wisata.

Desa-desa di Provinsi Bengkulu, kini mulai melakukan pengembangan wisata sesuai potensi yang mereka miliki. Bahkan beberapa desa wisata di Bumi Rafflesia, telah masuk nominasi TOP100 desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Optimisme dari desa dan masyarakatnya, untuk menjadikan sektor wisata di pedesaan menjadi sumber peningkatan kesejahteraan, peningkatan ekonomi baru, bahkan pemulihan ekonomi saat ini, disamping menjaga alam dan kearifan lokalnya.

Rohidin mengatakan, program desa wisata merangsang pengembangan desa-desa wisata di Bengkulu, lanjut Rohidin, Pemprov Bengkulu melalui dinas pariwisata menggelar lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Harapannya, desa-desa yang mempunyai objek serta potensi kunjungan wisata, bisa melakukan pengembangan dan pengelolaan sektor tersebut sehingga mampu menjadi sumber ekonomi baru.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi desa-desa di Bengkulu yang mulai mengembangkan sektor wisata sebagai sumber pendapatan desa dan masyarakatnya. Tak sedikit desa-desa di sejumlah kabupaten membangun spot-spot wisata, wahana wisata keluarga, hingga taman-taman nyentrik. Pengelolaan wisata alam oleh masyarakat desa juga memperhatikan ekosistem alam.

Hadiah sponsor dari PT. Pelindo II, PT. Angkasa Pura II, PT. Jasa Raharja, BNI, Mandiri, BSI, Wilo hotel, hotel Mercure, hotel Santika, Grage horizon, PT. Lautan Berlian,  Bank Bengkulu dan OJK Bengkulu. (ae2/rls)

Sumber: