Universitas Terbuka Bengkulu Bina Sanggar Ratu Duayu Bengkulu Selatan

Universitas Terbuka Bengkulu  Bina  Sanggar Ratu Duayu  Bengkulu Selatan

Kegiatan PKM Universitas Terbuka--

 

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Universitas Terbuka (UT) Bengkulu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan pengabdian masyarakat. 

Belum lama ini, dosen UT Bengkulu melakukan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pengembangan kewirausahaan.

Bentuk pengabdian yang diberikan untuk masyarakat yakni pembinaan usaha seni kreatif dalam meningkatkan keterampilan dan pendapatan Sanggar Seni Ratu Duayu di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. 

Pamela Mikaresti, M.Pd, dosen Universitas Terbuka sebagai pembina yang berlatar belakang pendidikan seni itu dibantu mahasiswa UT sebagai anggota PkM menuturkan, pelaksanaan pembinaan ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan.

Pertemuan pertama  diawali dengan koordinasi sekaligus mulainya pembinaan terhadap sanggar yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2022.

Lalu berlanjut pada pelaksanaan pembimbingan ilmu seni pertunjukan dan pelatihan tari kreasi baru yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022.

Kemudian pertemuan ketiga, kegiatannya adalah pelaksanaan tata rias pertunjukan dan pelatihan tari kreasi baru yang dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Juni 2022.

Sedangkan pertemuan terakhir pada tanggal 7 Juli 2022 dilaksanakan   pemberian bantuan sarana sanggar sekaligus evaluasi kegiatan. 

Pamela menjelaskan, kegiatan PkM Kewirausahaan Mahasiswa merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pembimbingan dosen terhadap usaha mahasiswa yang relevan dengan latar belakang ilmu dosen.

Dengan latar belakang pendidikan dosen serta kemampuan dosen untuk membimbing mahasiswa diharapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan usahanya, kemudian meningkatkan keterampilan mereka. 

BACA JUGA:Keluarga Besar Putra Putri Polri Bengkulu Siap Sukseskan Ini

Beberapa rangkaian kegiatan PkM ini, tambahnya,  juga merupakan lanjutan dari hasil penelitian dari para dosen untuk didesiminasikan pada mitra yang dituju. 

Adapun anggota sanggar seni yang dibina adalah sebanyak 20 orang. Ini terdiri dari 3 orang mahasiswa Universitas Terbuka dan 17 orang anggota aktif  yang diberikan pelatihan dan pembinaan beberapa rangkaian kegiatan.

Barang-barang bantuan yang diberikan oleh Universitas Terbuka untuk usaha kreatif mahasiswa yakni pemberian bantuan lemari kaca, pemberian bantuan kostum tari, pemberian bantuan aksesoris tari, pemberian bantuan peralatan tata rias. 

BACA JUGA:Pentas Seni Warnai HUT ke 50 SMPN 5 Seluma

Disisi lain, Pemimpin Sanggar Ratu Duayu, Karisma Putri Nabila menuturkan rasa terimakasihnya terhadap dosen UT yang telah membantu sanggarnya. Semoga kedepan hasil pengabdian dosen UT bermanfaat bagi sanggar Ratu Duayu. 

Sumber: