KBN dan Pendidikan Karakter untuk Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

KBN dan Pendidikan Karakter untuk Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

Pembukaan KBN--

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kwarnas, Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar mengatakan, Kemah Bela Negara Nasional (KBN) harus diimplementasikan dengan semangat untuk membela masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga kita bisa sama-sama mengatasi semua permasalahan yang dihadapi bangsa. “Gerakan Pramuka Bela Negara merupakan suatu kewajiban organisasi pendidikan keperamukaan. Menempatkan pendidikan karakter. Sesuai yang dimaksudkan dalam UU Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka,” kata Mayjend TNI (Purn) Bachtiar dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan KBN Tingkat Nasional Tahun 2022, di Lapangan Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (17/12).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku sangat gembira dan sekaligus mengucap terimakasih kepada Kwarnas Gerakan Pramuka yang telah menunjuk dan mempercayakan Kwarda 07 Bengkulu sebagai tuan rumah penyelenggaraan KBN Nasional Tahun 2022. Harapan kita dapat membangkitkan kembali semangat gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter bagi generasi muda yang cinta tanah air. “Gerakan ini sebagai bekal bagi generasi muda menjadi pemimpin pada masa yang akan datang. Kita tidak boleh berhenti berkarya dan berinovasi.  Gerakan pramuka juga harus bisa menangkap hal-hal yang baru,” kata Rohidin yang juga Ketua Majelis Pembina Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Bengkulu.

Tema kegiatan KBN Nasional Tahun 2022 kali ini “Tindakan Nyata Membangun NKRI Dengan Semangat Patriotisme dan Nasionalis. Kegiatan dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma. Selama kegiatan peserta akan tinggal bersama masyarakat di lokasi di empat desa. Desa Bukit Peninjauan 1 dan Desa Bukit Peninjauan 2 Kabupaten Seluma serta di Desa Srikaton dan Desa Srikuncoro yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah. (AE2/ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: