Membanggakan, Siswa SMP Al-Azhar Bengkulu Sabet 8 Medali di Bandung Lautan Api International Championship 4

Membanggakan, Siswa  SMP Al-Azhar Bengkulu Sabet 8 Medali di Bandung Lautan Api International Championship 4

Siswa/i SMP Al-Azhar 52 Kota Bengkulu Yang Mendulang Medali-Adam-

 

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu mengharumkan nama Provinsi Bengkulu pada kejuaraan pencak silat yang digelar di GOR Futsal ITB Jatinangor, Kota Sumedang Provinsi Jawa Barat pada "Bandung Lautan Api International Championship 4".

Perhelatan berskala internasional ini mulai dari tanggal 6 Januari 2023 hingga 8 Januari 2023 dan didukung oleh Kemenpora Republik Indonesia, Gubernur Jawa Barat  (Ridwan Kamil , red), KONI Jawa Barat, IPSI Jawa Barat dan IPSI Kabupaten Sumedang.

Keberangkatan mereka didampingi orang tua dan Sulaiman Lubis selaku Pelatih ASBD (Al Azhar Seni Bela Diri).

Kepala SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu, Dadyo Basuki, S.Pd kepada RADARBENGKULUONLINE.COM mengatakan ada delapan siswa/i yang mendapatkan medali.

"Siswa yang mendapatkan medali ialah, pada medali emas diperoleh Rahma Natasya, Muhammad Daffie Indie Aulia dan Briliant Ahnaf Syafaraz. Lalu medali perak, Vira Azzifah, Salwa Rahmanisa Darmasaputri dan Rayhan Anugrah Ramadhan serta medali perunggu disumbangkan oleh, Dewi Anggita dan Aflah Tuhima Ibhar," papar Dadyo Basuki

Pencak silat, menurut Dadyo Basuki, merupakan budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan.

Pencak silat, lanjutnya, merupakan warisan kepribadian budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa Indonesia saja, tetapi sudah sampai ke belahan bumi lain. Seperti dataran Eropa.

BACA JUGA:Nama Calon Desa Ini Mengandung Doa, Tolong Aamiinkan Yaaa

Terlepas dari bentuk dan jenisnya yang jelas manfaat dari ilmu beladiri ini, adalah gerak dan tindakan seseorang menjadi mantab dan percaya diri. Perkembangan pencak silat didukung oleh banyak pelatih/guru pencak silat yang membuka tempat latihan di sekolah-sekolah, baik taman kanak-kanak, sekolah dasar, menegah pertama, menegah atas sampai dengan perguruan tinggi dengan tujuan untuk dapat melestarikan dan menanamkan kepada anak - anak tentang kecintaan terhadap olahraga bela diri asli Indonesia.

Selain itu, pencak silat sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik. Bahkan mental dan spiritual.

Didalam pencak silat, seorang anak dilatih untuk adu tanding/ sabung, jurus, senam massal, daya tahan/ fisik, bahkan tidak hanya itu, seorang anak juga akan dilatih akan kepemimpinan dan spiritual.

BACA JUGA:Siswa Bisa Sekolah Gratis Sampai Tamat di SMK IT AL Malik , Ini Syaratnya

''Di Indonesia yang sendiri memiliki ratusan perkumpulan atau perguruan silat yang terdiri dari bermacam aliran di berbagai daerah. Dimana setiap daerahnya pun memiliki beberapa aliran yang berbeda pula. Ini menjadi kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam," ujarnya.

Capaian ini, lanjut Dadyo Basuki, sangat membanggakan kami dari seluruh pihak sekolah.

"Prestasi yang ditorehkan siswa/i di Bandung Lautan Api International Championship 4 sangat membanggakan. Maksud kami mengikutsertakan mereka adalah sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat para pesilat dan memberikan kesempatan bagi para pencinta silat dan atlet pemula untuk bisa meraih prestasi yang seluas-luasnya dan kami berharap kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari seluruh kalangan," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: