Dinikmati, Pramugari Ini Banting Stir, Jadi Penjual Buket Bunga di Jakarta

Dinikmati, Pramugari Ini Banting Stir, Jadi Penjual Buket Bunga di Jakarta

Rika Rizana bersama usaha yang ditekuninya-Ronal/ist-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUDISWAY.ID - Rika Rizana (41) yang merupakan warga Jakarta Selatan, tepatnya di Kota Kebayoran ini mendadak viral karena kerap muncul di Group Media Sosial anak muda Provinsi Bengkulu.

Siapa sangka, wanita kelahiran Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan ini dahulu merupakan Pramugari Maskapai Arab Saudi Airline, tak heran bahkan perawakannya terlihat seperti Gadis Asli Asal Petrodollar (Julukan Arab Saudi.red), Minggu (15/1).

 

Hingga menikah pada tahun 2005 lalu, Ibu empat anak ini berhenti berprofesi sebagai pramugari maskapai Arab Airline itu. pramugari dengan segala fasilitas dan gaji yang memuaskan, berkesempatan keliling dunia tiap saat, bagi wanita berkarier ini bukanlah suatu yang menarik perhatian katanya.


Rika Rizana bersama keluarga-Ronal/ist-

 

"Karena dahulu itu, pramugari dianggap sebagai pelayan bagi masyarakat Arab yang masih berpikir konvensional, pekerjaan sebagai pramugari adalah pelayan. Namun sekarang tentu beda. Bahkan gaji disana sangat besar.  Saya harus lepas kerja itu karena sudah menikah," ujarnya Minggu (15/1). 

 

Perempuan yang berkerja di Negara Arab kini semakin bebas berkarier di luar rumah yang dimulai oleh pendukung hak -hak perempuan pada masa pemerintahan raja Abdullah bin Abdulaziz di tahun 2010 hingga saat ini. 

 

Rika mengatakan, untuk menjadi pramugari ternyata tidak harus fasif berbahasa Arab pada saat itu. Persyaratan untuk menjadi pramugari di maskapai penerbangan ke Arab Saudi justru mewajibkan bisa berbahasa Ingris layaknya perusahaan maskapai umumnya di dunia.


Rika Rizana bersama rekan-rekannya saat bekerja di maskapai Arab Airline-Ronal/ist-

 

"Saya dulu, sarjana bidang pariwisata Universitas Tri Sakti di  Jakarta tahun 2000 an. Alhamdulillah 2 tahun kontrak disana diterima. Ditanya soal cuannya, jika pramugari senior mendapatkan 6 jam/hari dan bekerja selama 25 hari sebulan, maka akan mendapatkan tunjangan ini sebesar $3.300 atau senilai 47 juta.  Namun tidak lama, saya sudah mendapatkan jodoh, akhirnya berhenti bekerja," sambung Rika.

 

Itu cerita dahulu, kini kian bertambah umur yang memasuki pernikahan 17 tahun. Rika tampil berbeda. Prinsip dalam hidupnya agar dapat membantu suaminya yang berkerja swasta saat ini. 

 

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Begini Cara Merebus Telur Agar Cangkangnya Tidak Menempel di Putih Telur

Rika merasa nyaman dengan aktivitasnya saat ini. Bahkan ia merasa menyesal karena sempat ikut bekerja di pramugari. Tak khayal, itu pun merupakan takdir Yang Maha Kuasa. 


Inilah salah satu motif kreatif bisnis Rika Rizana-Ronal/ist-

"Menyesal sih. Tapi kalau tidak bekerja disana, jodoh saya tidak sampai (sembari tertawa.red). Sekarang saya, mulai berbisnis membuat buket bunga, buket boneka dan lain lainnya. Biasanya terjual 50 ribu rupiah per buket hingga 150 ribu. Ya, memang sih tidak sebesar gaji saya dulu. Tetapi saya bisa menjaga anak, merawat suami dan berbahagia bersama keluarga. Ya intinya, kalau kerja itu tidak usah berharap lebih," katanya.

BACA JUGA:Rekomended, Ini Wisata di Mukomuko Yang Bisa Bawa Makanan Sendiri, Coba Aja

"Percuma saja, kalau gaji besar namun kita tidak dihargai, malah sebaliknya hehe. Yang penting sekarang dinikmati, anak sudah empat. Bisa sedikit- sedikit bantu suami," sindir Rika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: