Join Bersama Honest People Untuk Merawat Keimanan dan Ketakwaan

Join Bersama Honest People Untuk Merawat Keimanan dan Ketakwaan

Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd-Adam-

Join Bersama Honest People Untuk Merawat Keimanan dan Ketakwaan 

Oleh : Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd (Dosen UIN FAS Bengkulu dan Imam Masjid Raya Baitul ‘Izzah Provinsi Bengkulu)

Dari : Masjid Raya Baitul Izzah, Jalan Raya Pembangunan Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Ratu Agung

 

Assalamu’alaikum Wr Wb

RADARBENGKULUONLINE.COM - Join (ikut/bergabung) bersama honest people (orang-orang jujur) untuk merawat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT merupakan perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an  yang artinya:

 “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Allah SWT dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur/benar. “ (Q.S. At-Taubah  : 119).

Artinya, jika orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT ingin lestari keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT sampai dia mati, dengan harapan ia bisa meraih predikat mati dalam keadaan baik/beragama Islam (khusnul khotimah).

Ini akan menghantarkannya menuju kemenangan, kesuksesan, kebahagian dunia dan akhirat, serta dibimbing menuju syurga.

Maka, salah satu cara yang harus ia lakukan adalah ia harus selalu bersosialisasi dalam kehidupannya dengan join (ikut/bergabung) bersama honest people (orang-orang jujur) (Q.S. Ali Imran  : 102, Q.S. An-Naba’  : 31, HR : Bukhari & Muslim dari Ibnu Mas’ud r.a).

Pada hakikatnya, orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT adalah orang-orang yang secara otomatis memiliki sifat honest (jujur/benar) yang merupakan ra’sun (kepala) dari sifat-sifat yang baik/mulia (akhlak mahmudah/karimah).

Yakni sidiq (jujur/benar), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan ‘amar ma’ruf dan nahi munkar), dan fathonah (cerdas/bijaksana).

Artinya, jika seseorang memiliki sifat sidq (jujur/benar), maka secara otomatis dia akan memiliki sifat amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan ‘amar ma’ruf dan nahi munkar), dan fathonah (cerdas/bijaksana). 

BACA JUGA: Kaum muslimin Wajib Tahu! Lima Waktu Doanya Pasti Dikabulkan, No. 5 Terkadang Orang Lupa

Terkait dengan pentingnya berteman dengan orang jujur dan juga pengaruh lingkungan terhadap perilaku individu, Rasulullah SAW bersabda bahwa lingkungan seseorang (orang tua/teman) adalah sangat berpengaruh terhadap keberadaan dan ketaatan seseorang dalam menjalankan ajaran agamanya,  (HR : Bukhari & Muslim dari Abu Hurairah r.a). 

Sejalan dengan beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits di atas, teori juga mengatakan bahwa baik buruknya perilaku individu sangat dipengaruhi oleh lingkungan/teman tempat ia bersosialisasi (https://www.salamyogyakarta.com).

Ketahuilah, sesungguhnya sifat-sifat yang baik/mulia tersebut di atas merupakan sifat-sifat yang wajib dimiliki oleh para Rasul, yang semestinya juga harus dimiliki oleh orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Selanjutnya, untuk mengetahui bahwa seseorang memiliki sifat honest (jujur/benar) dapat dipantau melalui 4 (empat) indikator kejujuran. Yakni procedural, objektive, transparency, dan accountability). 

BACA JUGA:Keren, Proker Tahsin dan Tahfidz UKM-KI UIN FAS Bengkulu, Ini Kata Kajur Dakwah

Demikian uraian singkat ini, semoga bermanfa’at bagi kita semua. Amin ya Rabbal ‘alamin. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: