Kaum muslimin Wajib Tahu! Lima Waktu Doanya Pasti Dikabulkan, No. 5 Terkadang Orang Lupa

  Kaum muslimin Wajib Tahu!  Lima Waktu Doanya Pasti Dikabulkan, No. 5 Terkadang Orang Lupa

Harmen.Z, SH-Adam-

 

Khutbah Jumat:

Kaum muslimin Wajib Tahu!  Lima Waktu Doanya

Pasti Dikabulkan, No. 5 Terkadang Orang Lupa

Oleh : Harmen.Z, SH (Ketua BMA Kota Bengkulu)

Dari : Masjid Besar Al-Amin Kelurahan Kandang Kecamatan Kampung Melayu

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

RADARBENGKULUONLINE.COM - Melalui mimbar yang berbahagia ini marilah kita menyampaikan puja serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat Taufik serta hidayahNya, sehingga pada Jumat ini kita telah dipertemukan kembali didalam masjid yang kita cintai dalam rangka mendirikan salat Jumat secara berjamaah. Mudah-mudahan kita mendapatkan ganjaran pahala disisi Allah SWT.

 

Shalawat teriring salam semoga Allah curahkan pada baginda Muhammad  SAW. Dengan banyaknya kita bershalawat kepadaNya, In shaa Allah kita mendapatkan syafaatnya di yaumil qiyamah nanti..Aaamin Yra.

Kaum muslimin jamaah Jumat Rahimakumullah.

 

Alhamdulillah, sungguh tiada terasa bahwa saat ini tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Rajab 1444 H. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Rajab adalah bulan yang penuh berkah.

 Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

Artinya : Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanKu dan Ramadhan adalah bulan umatKu. (HR.Imam Suyuti)

.

Saudara-saudraku kaum muslimin rahimakumullah

Fakta bahwa Rajab adalah bulan Allah, maka sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk menghormati dan mengagungkan bulan Rajab. Baginda Rasululllah SAW sangat menghormati bulan Rajab.

Bahkan ketika bulan Rajab tiba beliau selalu berdoa kepada Allah SWT memohon mendapatkan keberkahan dibulan Rajab. Sebagaimana doa yang selalu dibaca pada saat beliau masih hidup. 

Artinya : Ya Allah Berkatilah kami dibulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan umur kami pada bulan Ramadhan (HR. Imam Ahmad).

 Bulan Rajab adalah kunci dari bulan-bulan terbaik yang datang mengikuti sesudahnya.

 

Kaum muslimin jamaah Jumat yang kami hormati.

Di dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa dibulan Rajab kedua orang tua baginda Rasulullah SAW, yaitu Sayyid Abdullah dan Sayyidah Aminah menikah, dan dibulan yang sama ibunda Sayyidah Aminah Hamil janin manusia pilihan terbaik.

Yaitu Baginda Muhammad SAW dan dibulan Rajab itu pula Baginda Rasulullah Saw di Isra' Mi'raj kan menghadap Allah SWT di Sidratul Muntaha untuk menerima perintah salat lima waktu sehari semalam langsung dari Allah SWT

Kaum muslimin jamaah Jumat yang berbahagia.

Dari uraian di atas kiranya begitu datangnya bulan Rajab benar-benar kita jadikan bulan dalam rangka memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Mari kita gunakan bulan Rajab nanti untuk memperbaiki diri ini dari perbuatan yang tidak baik menjadi perbuatan yang selalu mendapat ridha dan rahmat Allah SWT. Dengan demikian in shaa Allah hidup kita semakin bermakna dan bernilai disisi Allah SWT.

Sebab saudara-saudara, saat ini kita dalam keadaan sehat wal'afiat, ditahun ini tinggal beberapa hari saja kita akan bertemu dengan bulan Rajab. Sungguh tidak ada jaminan ditahun yang akan datang kita masih bertemu dengan bulan Rajab.

BACA JUGA:Tiga Jalur, UIN FAS Bengkulu Terima 5.000 Lebih Mahasiswa Baru

Oleh karena itu, melalui mimbar yang berbahagia ini khatib mengajak, mari kita memperbanyak ibadah, infak dan sadaqah serta memperbanyak berdoa kepada Allah SWT dibulan Rajab. 

Sebab Rasulullah berkata  yang artinya : Ada lima waktu yang apabila umatKu berdoa dalam waktu yang lima itu, maka doanya tidak akan ditolak. 

Adapun waktu yang lima tersebut adalah : 

1. Malam pertama bulan Rajab

 2. Malam pertengahan bulan Sya'ban

 3. Malam hari raya Idul Fitri

 4. Malam hari raya Idul Adha 

5. Setiap malam Jumat.

 

Kaum muslimin sidang jamaah Rahimakumullah.

Julukan lain bulan Rajab adalah Rajam, yang berarti melempar. Dinamakan demikian karena musuh dan syetan-setan dibulan Rajab dikutuk dan dilempari sehingga mereka tidak jadi menyakiti para wali Allah dan orang-orang shaleh dalam aktivitas beribadah kepada Allah SWT.

Karena, Allah memasukkan bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram atau bulan yang sangat dimuliakan. Sebagaimana Firman Allah SWT didalam Surat At-Taubah ayat 36 yang berbunyi   yang artinya : Sesungguhnya jumlah bilangan bulan menurut Allah adalah dua belas bulan. Sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia ciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram atau bulan yang mulia.

BACA JUGA:Keren, Proker Tahsin dan Tahfidz UKM-KI UIN FAS Bengkulu, Ini Kata Kajur Dakwah

Saudara ku kaum muslimin yang berbahagia.

Dikatakan bulan yang paling mulia, karena bulan Rajab di zaman Rasulullah SAW dilarang untuk melakukan beberapa hal  :

1. Pada bulan Rajab dilarang bagi umat Islam untuk saling bermusuhan, saling benci membenci, saling caci maki antara sesama. Bahkan dibulan Rajab Rasulullah melarang untuk mengangkat senjata untuk berperang.

 2. Pada bulan Rajab semua perbuatan umat manusia, baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk, balasannya dilipatgandakan oleh Allah SWT.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: