1000 Orang Bengkulu Dapat Bantuan Tabung Gas 3 Kg dan Uang Tunai Rp 1,2 juta

1000 Orang Bengkulu Dapat Bantuan Tabung Gas 3 Kg dan Uang Tunai Rp 1,2 juta

Tabung gas 3 kg--

Dinas Sosial Provinsi: 2023 Ada Peningkatan Jumlah Penerima KBS dan Tabung Gas

 

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menggulirkan program jaminan sosialnya lewat kegiatan bantuan KBS (Kartu Bengkulu Sejahtera) dan Pembagian Gratis tabung gas KG beserta isinya mulai tahun ini.

 

 

 

Dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr. H. Iskandar Zo, SH, M.Si melalui Kepala Bidang Fakir Miskin Yeti Tostia, SH bahwa tahun 2023 ini dua program jaminan sosial itu akan diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

 

 

 

Yeti menjelaskan, khusus tahun ini terjadi peningkatan jumlah penerima KBS. Pada tahun 2022 penerimanya hanya 600 orang atau 60 orang perkabupaten kota. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi 1.000 orang atau menambah 400 orang.

BACA JUGA:Terus Diposting Foto Tidak Senonoh, Hacker Akun FB Walikota Dilaporkan ke Polda Lagi

 

Bantuan KBS ini adalah berupa uang tunai Rp 100 ribu perbulan selama satu tahun. Diambil per triwulan. KBS merupakan bantuan dari Gubernur Bengkulu untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Duit KBS ini diwajibkan untuk membeli kebutuhan sehari hari. 

 

 

Disamping itu juga, Kabid Fakir Miskin Dinsos Provinsi Bengkulu juga menerangkan pada tahun 2023 ini akan ada bantuan dari Gubernur Bengkulu terkait pemberian tabung gas 3 kg beserta isinya. Jumlahnya pun sama. Untuk 1.000 orang.

BACA JUGA:Ini Sebab Investor India Gagal Investasi di Bengkulu

 

 

Penyaluran gas elpigi 3 kg berisi ini masih menunggu petunjuk regulasinya. Lalu direncanakan akan mulai dibagikan pada tengah tahun 2023. Karena Dinsos melibatkan penyedia pada program ini. 

 

 

"Nantinya satu rumah tangga 1 tabung. Pemberian bantuan sosial berupa tabung gas ini berdasarkan hasil temuan kami dilapangan. Hasil validasi tim kami langsung kerumah warga masih banyak yang belum memiliki tabung gas untuk memasak. Lalu ada juga temuan, ada warga yang memiliki kompor tapi tidak memiliki tabung gas. Atas dasar itu bantuan ini akan disalurkan untuk meringankan beban masyarakat, " Ucapnya. 

 

 

Pemberian program jaminan sosial ini menggunakan dana APBD Provinsi Bengkulu. 

 

 

Penerima bantuan dari Pemprov Bengkulu tidak termasuk penerima bantuan PKH reguler. 

 

 

Dinsos provinsi lewat tenaga pendampingnya di setiap desa akan menelusuri masyarakat yang belum tersentuh bantuan ataupun yang terputus.

Sumber: