Bina Petani, Sawah Jangan Diubah jadi Kebun

Bina Petani, Sawah Jangan Diubah jadi Kebun

Logo Benteng--

 

BENTENG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Benteng mengimbau petani untuk menghentikan alih fungsi areal persawahan menjadi perkebunan guna mendukung program ketahanan pangan.

     

  

"Kami minta agar petani tidak melakukan alih fungsi lahan dalam  menindaklanjuti Instruksi Gubernur Bengkulu tentang pelarangan alih fungsi areal pertanian jadi perkebunan," terang Kepala Distan Kabupaten Benteng Endang Sumantri.

 

 

Sementara itu, adanya alih fungsi areal persawahan menjadi lahan perkebunan karet dan sawit akibat faktor cuaca ekstrem serta minimnya sarana pengairan untuk keberhasilan produksi.

BACA JUGA:Sukses, Pembukaan Latihan Kader Dasar Fatayat NU Kota Bengkulu

 

        

"Kita akan melakukan sosialisasi langsung ke sejumlah lokasi banyaknya masyarakatnya mengalih fungsikan lahan untuk menghentikan kegiatan tersebut.''

 

 

''Sementara untuk lokasi yang belum terjadi alih fungsi lahan tetap akan dilakukan pembinaan secara baik agar mereka tidak berpikir untuk melakukan alih fungsi," imbuhnya.

 

 

Dijelaskan, sebagian areal persawahan di Benteng itu yang telah dialih fungsikan untuk pengembangan komoditas perkebunan, yaitu sawah yang lokasinya tidak memiliki sumber air sehingga sulit untuk berproduksi. 

BACA JUGA:Sedang Didalami, Proyek Wisata Kota Tuo yang Ambruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: