Penuhi Janji Politik Rohidin - Rosjohnsyah, Pemprov Bagikan 1000 Tabung Gas

Penuhi Janji Politik Rohidin - Rosjohnsyah, Pemprov Bagikan 1000 Tabung Gas

gas 3 KG -ist-

 

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Kabar gembira untuk masyarakat Provinsi Bengkulu. Bagaimana tidak gembira jika akan mendapatkan bantuan. Pemprov Melalui Dinas Sosial pada tahun 2023 ini kembali akan membagikan 1000 tabung gas  3 Kilogram (Kg) kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Bengkulu. 

 

 

Namun pembagian gas elpiji gratis tersebut masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Komunitas Puti Silinduang Bulan Bagi Nasi Kotak Untuk Kaum Dhuafa

 

 

"Sebagai upaya mewujudkan salah satu janji politik bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, maka kembali membagikan 1000 tabung gas 3 Kilogram gratis kepada masyarakat kurang mampu di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Dinsos Provinsi Bengkulu, Iskandar Zo kepada jurnalis RADARBENGKULU. DISWAY.ID

 

 

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Bengkulu untuk mendata penduduk yang layak menerima bantuan. "Saat ini kita sedang memadatkan data penerima bantuan dan berkoordinasi dengan Dukcapil untuk pendataan," kata Iskandar. 

BACA JUGA:Timsel KPU Umumkan 20 Besar Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota

 

 

Pihak Dinas Sosial saat ini juga sedang  memasukkan draf secara tertulis ke BPKP untuk pendampingan dan juknis pembagian gas gratis tersebut. "Kini prosesnya lagi meminta pendamping dari BPKP Bengkulu terkait juknis pembagian gas  gratis. Draf juknis secara tertulis sudah di sampaikan ke BPKP, maka kita meminta kepada pihak BPKP untuk di teliti sehingga pada saat pembagian tidak ada masalah lagi," ujarnya.

 

 

Ditambahkan Iskandar, jangan sampai nantinya  pembagian gas melon sebanyak 1000 tabung gas yang ada akan direalisasikan ke 10 kabupaten/kota bermasalah sehingga pihaknya meminta pendamping dari BPKP.  

BACA JUGA:Anggarannya Sudah Disiapkan, THR Honorer Provinsi Bengkulu Masih Tunggu Petunjuk

 

 

Ia mengungkapkan dari 1000 tabung gas, setiap Kabupaten/kota  akan dialokasikan sebanyak 100 tabung gas untuk masyarakat yang benar-benar layak mendapatkan bantuan. "Seluruh kabupaten akan menerima, jadi dari 1000 tabung nantinya setiap kabupaten diberikan 100 tabung," ujar Iskandar. 

 

 

Adapun kriteria penerima bantuan ini diantaranya masyarakat kurang mampu dan belum menerima bantuan sejenis sebelumnya, masih menggunakan kompor kayu atau minyak sebagai sarana memasak. Sedangkan pendataan sendiri ditargetkan paling lama pada akhir tahun 2023 ini, dan jika pendataan selesai maka akan langsung dibagikan oleh gubernur Rohidin Mersyah dan jajaran ke kabupaten/kota.

BACA JUGA:Sambut Idul Fitri, Bulog Bengkulu Siapkan 18 Ton Daging Beku, Dipasok dari Lampung

 

 

"Jika pendataan selesai maka akan segera direalisasikan dan dibagikan kepada penerima," singkat Iskandar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id