Tertawa Bisa Tingkatkan Derajat Kesehatan Hidup

Tertawa Bisa Tingkatkan Derajat  Kesehatan Hidup

Ilustrasi tertawa-Ist-radarbengkulu,disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pernah Anda melihat orang tertawa! Ya, tertawa adalah respon fisik dan emosional yang ditunjukkan manusia dalam bentuk suara atau gerakan wajah yang terjadi sebagai tanggapan terhadap sesuatu yang dianggap lucu, menyenangkan, atau menghibur.

Untuk diketahui, tertawa itu melibatkan kontraksi otot-otot perut, diafragma, dada, dan wajah, yang menghasilkan suara tertawa dan ekspresi wajah yang khas.

 

Malahan,  bisa diartikan juga bahwa tertawa menjadi salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang universal karena dapat digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan, kesenangan, atau penghargaan terhadap humor atau situasi yang menyenangkan.

Adapun ekspresi tertawa jadi cara bagi manusia untuk bersosialisasi, berbagi kegembiraan, dan menciptakan ikatan sosial dengan orang lain.

BACA JUGA: Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (11) - Ikut Kongres Muhammadiyah di Kota Pekmpek

 

Selain menjadi bentuk interaksi sosial, tertawa juga memiliki efek positif pada kesehatan manusia.Tertawa dapat meredakan stres, meningkatkan mood, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Di samping itu, tertawa dapat memicu pelepasan endorfin, hormon kebahagiaan, yang membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan bahagia.

BACA JUGA:Jalan Lintas di Bengkulu Tengah Terendam Banjir

 

Selain itu, tertawa juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi kardiovaskular, dan meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Banyak penelitian telah menemukan manfaat tertawa tidak melambat saat kita tumbuh dewasa.

Pakar psikologi dan ilmu saraf menunjukkan beberapa efek luar biasa dari tertawa setiap hari. Seperti dilansir dari laman thehealthy, berikut 4 manfaat tertawa rutin bagi kesehatan seperti dikutip dari laman disway.id:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /tertawa bisa tingkatkan derajat kesehatan hidup