Kodim 0408 Budidayakan Kacang Sancha Inchi, 1 Liter Harganya di Atas Rp 1 Juta

Kodim 0408 Budidayakan Kacang Sancha Inchi, 1 Liter Harganya di Atas Rp 1 Juta

Dandim 0408 Bengkulu Selatan- Kaur, Letkol Inf Aswin Suladi,SE.M.AP-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Sebagai bapak asuh untuk anak stunting, maka Kodim 0408 Bengkulu Selatan- Kaur telah membudidayakan kacang Styancha Inchi.

Kacang ini sangat luar biasa digunakan untuk penanganan anak stunting. Bahkan lebih baik dari minyak ikan Salmon.

BACA JUGA:Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (20)- Tante Hendak Mengambil Fatmawati jadi Menantu

 

 

Dandim 0408 Bengkulu Selatan- Kaur, Letkol Inf Aswin Sulafi, SE. M. AP menyampaikan, ekstraksi penyulingan kacang Sancha Inchi kalau diminum oleh anak stunting, proses kesembuhannya bisa lebih cepat dari pada menggunakan  obat atau vitamin yang lain.

BACA JUGA:Tidak Viral, Ini Dia Jalan yang Membawa Bahaya di Bengkulu

 

 

"Maka dari itu, kami saat ini mulai membudidayakan tanaman ini. Dengan memanfaatkan lahan yang kita miliki setengah hektar ada di Bengkulu Selatan dan setengah hektar lagi ada di Kabupaten Kaur. Nantinya kami akan mengajak kelompok tani untuk berkolaborasi, " ujar Aswin kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID   di ruang kerjannya Jumat (14/07).

BACA JUGA:Heboh! Asep dari Seluruh Dunia Berkumpul di Garut, Ada Apa?

 

 

Kacang Sancha Inchi ini,paparnya,  bukan hanya untuk penanganan anak stunting saja. Kacang ini juga bisa menurunkan kolesterol, menyembuhkan atau mencegah asam urat, serta bisa menambah kecerdasan untuk anak - anak.

Bahkan kacang Sancha Inchi ini mampu mendorong ataupun meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya. Karena dari hasil ekstraksi penyulingannya satu liter saja harganya Rp 1 juta lebih. Bahkan hasil ekstraksi penyulingannya sudah terkenal diluar negeri. Seperi Jepang dan Korea.

BACA JUGA:Jalan Terpendek Dunia Itu Ada di Bengkulu? Namanya Ini, Ini Nomornya, Yang Menempati Ini

 

 

Terkait ekstraksi penyulingan di Indonesia, pihaknya akan berkonsultasi bersama pimpinan ataupun pemerintah setempat terkait alat yang digunakan untuk ekstraksi penyulingan nantinya.

Apakah bisa dibantu penyediaan alatnya dan nanti akan diserahkan kepada masyarakat yang mengelola.

BACA JUGA:Pondasi Jembatan Batu Tambun Terjun ke Lembah, PUPR Tunggu Petunjuk

 

 

"Untuk cara penanaman kacang ini, kita sudah mempelajarinya terlebih dahulu. Kita sudah kirim delapan anggota kita untuk tata cara budidayanya. Mulai dari penyemaian sampai penanaman yang dilakukan di Kabupaten Seluma yang merupakan orang sipil. Bahkan di Provinsi Bengkulu baru kita dan Kodim Kota Bengkulu yang baru melakukan penyemaian kacang Sancha Inchi ini, "pungkas Aswin.  

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Selatan Kunjungi Rumah Tiga Orang Bersaudara

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id