Realisasi Anggaran Belanja Pemda Kota Bengkulu Capai Rp 421 Miliar

Realisasi Anggaran Belanja Pemda Kota Bengkulu Capai Rp 421 Miliar

realiasi anggaran-Ist-radarbengkulu,disway.id

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Pemerintah Kota Bengkulu, telah merealisasikan  anggaran belanja daerah hingga  Rp 421 miliar atau 32,81 persen dari total anggaran yang ditetapkan yaitu Rp 1,2 triliun. 

 

 

"Realisasi anggaran untuk pemerintah Kota Bengkulu telah mencapai 32,81 dari total anggaran yang ditetapkan pada tahun anggaran 2023 Rp1,2 triliun," kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bengkulu, Syaiful Anwar

BACA JUGA:Gaji PNS Dihentikan Kalau Lakukan Pelanggaran Ini, Mau? Kerja Tapi Tak Gajian?  

 

 

Dari 40 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemda Kota Bengkulu. Untuk saat ini ada sejumlah perangkat daerah di Pemkot Bengkulu yang memiliki serapan anggaran yang rendah dan dibawah dari 30 persen dan tujuh diantaranya diberikan label merah.

 

 

Syaiful menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkan sejumlah OPD terhambat dalam memanfaatkan anggaran belanja daerah salah satunya yaitu terkait teknis dalam membuat laporan kegiatan yang belum dilakukan pelaporan keuangan secara utuh sehingga serapan anggaran tidak tercatat pada triwulan kedua.

BACA JUGA:Lihat Tetangga Kiri Kanan, Anggaran BPJS Gratis akan Dikawal Anggota Dewan

 

 

"Biasanya sering terjadi pelaporan keuangan yang belum dilaporkan secara utuh dan hal tersebut yang menyebabkan serapan anggaran belanja terhitung rendah," ujar dia.

 

 

Kemudian, terang Syaiful, ada sejumlah kegiatan yang cenderung berada pada triwulan ketiga dan keempat sehingga menjadi faktor serapan anggaran yang rendah di setiap perangkat daerah. 

BACA JUGA: Tenang, Gaji ke-13 PNS Provinsi Sudah Disiapkan Anggarannya, Tunggu Petunjuknya Saja Lagi

 

 

"Seperti dari Dinas Pekerjaan Umum(PU) yang memerlukan kegiatan tender dan menyelesaikan kegiatan pembangunan. Jadi relatif, karena setiap dinas memiliki karakter masing-masing dalam penyerapan anggaran, dan dari pantauan kami masih normal-normal saja," sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id