BAZNAS Bakal Renovasi 250 Unit Rumah, Setiap Rumah Dibantuan Rp 15 juta

BAZNAS Bakal Renovasi 250 Unit Rumah, Setiap Rumah Dibantuan Rp 15 juta

foto bersama usai menyerahkan bantuan Baznas Bengkulu-Windi Junius-radarbengkulu,disway.id

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu menargetkan program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2023 sebanyak 250 unit rumah. 

Informasi ini  disampaikan oleh Ketua Baznas Provinsi Bengkulu Dr Fazrul Hamidy SH MH

"InsyaAllah pada tahun 2023 ini kita menargetkan 250 rumah yang akan dilakukan Renovasi," Katanya. 

Dia mengatakan unit Program RTLH pada semester pertama, sedikitnya ada 70 unit rumah tersebar di wilayah Provinsi Bengkulu yang sudah dilakukan renovasi.  Setiap rumah diberikan bantuan sebesar Rp 15 juta. 

Ia menjelaskan konsep RTLH dari BAZNAS merupakan renovasi Aladin (Atap, Lantai dan Dinding), artinya anggaran Rp 15 juta satu rumah bukan diperuntukkan untuk pembangunan rumah baru akan tetapi untuk renovasi rumah. 

"Bukan pembuatan rumah baru  tapi kita melakukan rehab, misal atapnya yang rusak kita perbaiki, atau dindingnya masih menggunakan bambu (pelupuh) ganti dengan batu bata, kemudian jika lantai masih tanah kita semen mana konsepnya itu aladin (atap Lantai dingin)," jelasnya

Masih dikatakan Fazrul Hamidy, saat ini pihaknya masih menunggu bantuan dari BAZNAS RI untuk renovasi 20 unit rumah. Untuk bantuan renovasi dari BAZNAS RI ini biaya per satu rumah lebih besar dari BAZNAS Provinsi

"Kita masih menunggu bantuan dari Baznas RI, untuk dari Baznas RI satu rumahnya itu Rp 25 juta, " ungkapnya. 

Lantu Fazrul Hamidy, setelah BAZNAS Provinsi menerima bantuan 20 unit renovasi rumah dari Baznas RI tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan BAZNAS Kabupaten/Kota untuk memilih siapkah yang berhak menerima. 

"Setelah kita Terima baru kita Koordinasi dengan Baznas Kabupaten/kota" Tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id