Gubernur Bengkulu "Pamer" Batik Besurek Dihadapan Presiden

Gubernur Bengkulu

Strategi Gubernur Bengkulu Dorong Pengembangan Investasi Menuju Target 2024-Ist-

RADAR BENGKULU - Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah tampil elegan dengan baju batik besurek khas Bengkulu. Dihadapan Presiden RI Ir Joko Widodo, Rohidin tampak sangat bangga dan percaya diri memamerkan keindahan corak dari batik kain besurek di Istana Negara. Selain itu, ibu Derta Rohidin juga nampak sangat anggun dan cantik ketika menggunakan pakaian bermotif batik besurek khas Bengkulu ini.  

Untuk diketahui bahwa Gubernur Bengkulu dan Istri mengenakan pakaian kain batik besurek ini dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Gubernur Bengkulu dan Istri menghadiri event Istana Berbatik yang digelar di depan Istana Merdeka Jakarta pada Minggu malam (1 Oktober 2023). 

Dilansir dari media center Pemerintah Provinsi Bengkulu, diketahui ada sekira 500 peserta menampilkan busana batik terbaik se-Indonesia. Para peserta ini dari kalangan pejabat negara, publik figur, Gubernur beserta istri, hingga para duta besar.

Kepada MC Pemprov, Rohidin mengaku sangat bangga bisa menampilkan batik besurek khas Bengklu di event besar tersebut. Dikatakan pula bahwa event tersebut juga sebagai bukti bahwa Indonesia kaya akan warisan budaya dan batik. Dilanjutkannya bahwa Batik ini merupakan warisan asli negara Indoneisa yang telah diakui oleh pihak Unesco sebagai budaya tak benda bahkan  sejak 2009.

"Kita tentu bersyukur miliki Kain Besurek, elegan, karakternya kuat sekali dan miliki keunikan tersendiri. Kita bangga bahwa Kain Besurek turut memperkaya khasanah Batik Nasional yang diakui secara internasional," ucap Gubernur Bengkulu.

Dengan  terselenggaranya event batik ini, Gubernur berharap industri batik se Indonesia khususnya Bengkulu makin tumbuh dan berkembang. Diapun akan berjuang sekuatnya untuk meningkatkan kreatifitas UMKM yang ada di Bengkulu, sehingga mampu bersaing dan mengikuti perkembangan. "baik pada kualitas produk maupun jejaring pasarnya. Dan batik besurek yang saya dan istri kenakan ini merupakan hasil dari penjahit lokal serta didesain oleh perajin Bengkulu. Desain Besurek ini khas, corak Bunga Rafflesia kemudian dikombinasi dengan kaligrafi tanpa makna, inikan karakternya benar-benar kuat dan unik. Semoga industri kreatif di Bengkulu terus berkembang," tuturnya.

Informasi selanjutnya adalah kegiatan atau event ini diberi judul  Istana Berbatik dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia patut bersyukur miliki batik. Pasalnya, batik bukan hanya karya seni biasa namun sudah menjadi warisan budaya tak benda. (ae2)

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Bangga Kenakan Baju dan Selempang Batik Besurek Khas Bengkulu

BACA JUGA: Batik Besurek Bengkulu Semakin Dikenal Dunia

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu