Viral Tentang Tanaman Sorgum Ditengah Harga Beras Meroket, Mukomuko Pernah Ada Rencana Budidaya Sorgum

Viral Tentang Tanaman Sorgum Ditengah Harga Beras Meroket, Mukomuko Pernah Ada Rencana Budidaya Sorgum

budidaya sorgum dan manfaat sorgum-ist-

RADAR BENGKULU - Saat ini dimana - mana masyarakat membahas soal Sorgum yang katanya bisa menjadi makanan yang bisa jadi pengganti beras. Viralnya Sorgum karena ada statmen Menteri Dalam Negeri yang mengatakan Sorgum bisa ganti beras. Sebab untuk diketahui bahwa harga beras semenjak musim kemarau ini makin mahal. 

 

Lalu apa itu Sorgum? Sebagian masyarakat tentu akan langsung melontarkan pertanyaan itu, karena memang masih asing bagi sebagian masyarakat. Namun, para akademisi dibidang pertanian tentu sudah mengenal tanaman Sorgum dan manfaatnya. 

 

Dari arsip berita RADAR BENGKULU Online yang terbit satu tahun lalu, atau tepatnya 18 Agustus 2022, dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mukomuko pernah akan mengembangbiakan tanaman Sorgum ini. Namun entah apa yang terjadi, hingga saat ini belum terdengar apa hasil dari rencana itu. Hingga akhrinya, tanaman Sorgum kembali viral di tengah harga beras yang meroket. 

BACA JUGA:Fokus Ketahanan Pangan, Lanal Bengkulu Tanam Sorgum

 

Masih dari arsip berita yang pernah terbit di RADAR BENGKULU ONLINE, dijelaskan bahwa Sorgum ini tanaman mirip jagung. 

Waktu tanam sampai panen tanaman ini juga singkat. Kisaran 3 bulan sudah bisa dipanen. Yang bernilai bukan hanya buah atau bijinya saja, batangnya juga dibeli pengepul. Bagaimana tidak bikin cepat kaya.

 

Tapi sorgum berbuah biji di pucuk batang. Berbeda dengan jagung yang tumbuh tongkol di tengah batang.

 

Sorgum bisa dijadikan sumber pangan, pengganti gandum. Bisa juga untuk pakan ternak sampai bahan baku industri. Sebab itulah sorgum bernilai ekonomi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkuu