Viral Tentang Tanaman Sorgum Ditengah Harga Beras Meroket, Mukomuko Pernah Ada Rencana Budidaya Sorgum

Viral Tentang Tanaman Sorgum Ditengah Harga Beras Meroket, Mukomuko Pernah Ada Rencana Budidaya Sorgum

budidaya sorgum dan manfaat sorgum-ist-

Pemerintah Kabupaten Mukomuko saat ini tengah mencanangkan pengembangan budidaya sorgum. Bukan hanya Pemkab Mukomuko, Pemerintah Pusat juga sedang menggalakan budidaya tanaman ini di seluruh wilayah Indonesia.

 

Pejabat Pemkab Mukomuko bidang pertanian Apriansyah pun pernah menuturkan bahwa sosialisasi peluang budidaya Sorgum telah dilakukan ke beberapa kelompok tani yang ada di Pemkab Mukomuko. 

 

Pihak Pemkab Mukomuko telah beberapa kali berkoordinasi dengan pihak PT. Sorgum. Dari penjelasan mereka, kata Apriansyah, budidaya sorgum cukup menggiurkan jika diolah dengan baik. 

 

Satu batang sorgum yang tumbuh baik bisa menghasilkan biji seberat 0,4 kilogram. Dalam satu hektar lahan bisa ditanam 56 ribu batang sorgum. Jika rata-rata per batang menghasilkan 0,4 kilogram biji, maka totalnya mencapai 22 ton.

 

"Harga biji sorgum per kilogramnya sekarang kisaran Rp 3.000. Kalikan saja 22 tun atau 22 ribu kilo dikali 3.000. hasilnya mencapai Rp 66 juta. Itu dari biji. Batangnya juga laku. Rp 300 per kilogram. Jelas batang akan lebih berat dari biji," paparnya.

 

"Dalam setahun bisa 2 kali musim tanam bahkan bisa sampai 3 kali," tambahnya.

BACA JUGA: Dulu Kopi, Kini Tanaman Sawit Primadona di Bengkulu Tengah

Dijelaskan Apriansyah, berdasarkan penjelasan pihak PT. Sorgum, tanaman sorgum cocok dibudidayakan di lahan kering. Kebutuhan air taman ini lebih sedikit jika dibandingkan padi dan jagung. Sorgum juga hemat pupuk serta masih minim serangan hama.

 

"Sebab itulah kita coba dorong sorgum ini dikembangkan di Mukomuko. Terus terang di daerah kita masih banyak lahan pangan kurang produktif, karena kesulitan air. Di lahan seperti itu kita dorong untuk budidaya sorgum," paparnya

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkuu