Sejarah Pantai Air Langkap Kabupaten Kaur, Wisata Pantai Terindah di Bengkulu

Sejarah Pantai Air Langkap Kabupaten Kaur, Wisata Pantai Terindah di Bengkulu

Sejarah wisata pantai air langkap kabupaten Kaur-ist-

RADAR BENGKULU - Pantai air langkap merupakan wisata Pantai yang mempunyai pesona alam yang indah kala mata memandang.

Selain bisa menikmati keindahannya, juga terdapat terumbu karangnya yang masih terjaga yang cantik dan menarik perhatian pengunjung. 

Namun dibalik keindahan pantai air langkap ini, kamu harus tahu sejarahnya juga ya sobat. 

Sebelum menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi dan indah dari sebelumnya, terdapat sebuah desa di kecamatan kaur tengah kabupaten bengkulu selatan, yakni desa sukarami. desa sukarami ini terkenal sebagai dusun air langkap.

BACA JUGA:6 Destinasi Pantai Kaur Yang Wajib Dikunjungi

Dikutip dari sumber sagita D tentang cerita rakyat bengkulu Penyebutan kata dari air langkap ini pun sangat unik ya sobat, seperti ini aya’ langkap, dengan tanda baca (‘) sebagai pengganti huruf R didalam bahasa indonesia, membacanya pun seperti penyebutan huruf ‘ain didalam bahasa arab.

Penduduk setempat tidak menyebut huruf R seperti pada umumnya. Dusun air langkap ini cukup dekat dengan air laut.

Dipinggir laut ini ada bagian air laut yang menjorok kedaratan yang disebut dengan teluk. Di daerah pinggir-pinngir pantai banyak pohon kelapanya, air laut yang menjorok seperti teluk memiliki panjang lebih kurang 100 meter dan lebar sehingga membentuk seperti sungai. 

BACA JUGA:Rasakan Pesona Pantai Linau Indah Nan Eksotis,Mengapa Diberi Nama Linau ? Ada Sejarah Belanda dan Inggris

Sepintas orang orang jika berkunjung dan melihatnya seperti muara, yakni pertemuan aliran sungai dengan laut. Nah sobat dari sumber yang dibaca bahwa sejarah pantai air langkap ini mengukir sebuah tragedi yang cukup mengenaskan, dahulunya di pantai ini seorang penduduk setempat menemukan mayat yang tertelungkup dengan posisi badan menghadap ke bumi.

Mayat pun mengapung didalam perairan pantai tersebut, karena sebelumnya tidak pernah terjadi akhirnya tempat tersebut menjadi terkenal dan disebutlah dengan dusun air langkap (aya’ langkap) penduduk ini juga menyebut pantai ini dengan aya’ besak (air besar). 

BACA JUGA:Desa Terindah di Dunia, Yuk Kunjungi, Ternyata Dekat Bengkulu

Itulah tadi sejarah pantai air langkap yang ada di kabupaten kaur, pantai ini cocok untuk sobat radar bengkulu menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga, untuk kamu pecinta wisata jangan sampai ragu untuk datang ke pantai ini ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu