Lapisan Tanah Galian Tambang Dibuang Sembarangan, Keselamatan Pengendara Terancam

Lapisan Tanah Galian Tambang Dibuang Sembarangan, Keselamatan Pengendara Terancam

aktivitas galian yang menutup jalan ancam keselamatan pengendara-rilis-

 

RADAR BENGKULU – Aktivitas penggalian lubang tambang yang dilakukan oleh PT. Injatama melalui subkonnya, mengancam keselamatan warga Desa Pondok Bakil kabupaten Bengkulu Utara. Lapisan tanah hasil galian lubang tambang dibuang dan menumpuk tepat di tepi jalan umum Pondok Bakil. Praktik pembuangan lapisan tanah ini telah berlangsung sejak 2 bulan terakhir hingga sekarang.

 

Tumpukkan yang telah dibuang sepanjang 300 meter lebih dengan tinggi lebih dari 10 meter. Dalam cuaca panas tumpukan tersebut akan mengering dan menimbulkan debu. Sedangkan ancaman lebih besar akan timbul saat terjadi hujan. Tumpukan lapisan tanah berpotensi longsor dan memutuskan akses jalan keluar masuk Desa Pondok Bakil.

BACA JUGA:Warga Kelurahan Teluk Sepang Bengkulu Dikepung Asap Batubara

Koordinator Posko Parasakti Pondok Bakil, Yusmanilu menjelaskan aktivitas penumpukkan lapisan tanah telah berlangsung 2 bulan terakhir membuat jalan menjadi berdebu.

 

“Penumpukkan lapisan tanah sudah ditumpuk  sejak Agustus lalu, saat musim kemarau seperti sekarang di jalan itu penuh dengan debu,” Kata Yusmanilu pada 12 Oktober 2023.

 

Tumpukan lapisan tanah yang merupakan material campuran batu batuan, pasir dan beberapa material lainnya bersifat tidak padat. Hal ini akan menjadi ancaman besar bagi masyarakat Pondok Bakil. Ketika turun hujan tumpukan material tersebut berpotensi besar untuk longsor dan memutus akses masyarakat.

BACA JUGA:Diduga Akibat Debu, Balita Terinfeksi Paru-Paru, Pimpinan DPRD Kota Sidak PT Cemindo Gemilang, Izinnya Mana?

"Tumpukkan ini merupakan ancaman besar bagi keselamatan masyarakat yang melintas di jalan tersebut. Ketika hujan datang, tumpukkan material akan longsor ke arah jalan umum, kemudian memutus akses keluar masuk Pondok Bakil," Sambung Yusmanilu.

 

Ahmad, Warga Pondok Bakil yang merupakan pengguna jalan aktif, menyampaikan keresahannya atas jalan yang berdebu ditambah ancaman longsor ketika hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu