Wisata Sejarah Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima , Masyarakat Bengkulu Kamu Wajib Tahu 7 Ciri - Cirinya

Wisata Sejarah Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima , Masyarakat Bengkulu Kamu Wajib Tahu 7 Ciri - Cirinya

wisata sejarah rumah bubungan lima Bengkulu-Yar Azza/Ist-

 

RADAR BENGKULU - Selain memiliki pemandangan alamnya yang menawan juga indah, Bengkulu juga kaya akan wisata sejarah, sepeerti rumah ibu fatmawati istri soekarno hingga kebudayaannya yang khas dan tentunya keunikan tersendiri dari rumah adat bengkulu

Sobat, Bengkulu mempunyai rumah adat yang diberi nama yaitu rumah bubungan lima menjadi objek wisata sejarah. Bergaya seperti panggung ini tentu memiliki sederetan keunikan sehingga membuatnya berbeda dengan rumah rumah pada umumnya. 

Apa saja ya keunikan dari rumah bubungan lima ini? Berikut kami ulas mengenai keunikan dari rumah adat bengkulu (berdasarkan buku berjudul mengenal seni dan keunikan budaya indonesia(2022))

1. Memiliki anak tangga yang jumlahnya ganjil

Rumah adat bengkulu ini termasuk rumah adat dalam tipe rumah panggung. Sehingga pada saat ingin masuk ke dalam rumah ini harus menaiki tangga yang berjumlah ganjil sebelum sampai kehalaman depan. 

BACA JUGA:Museum Negeri Bengkulu Simpan 7.000-an Koleksi Benda Bersejarah

2. Memiliki gambar buraq sebagai simbol keteguhan hati

Dibagian pintu masuk, ada gambar buraq yang diyakini sebagai simbol kegetugan hati masyarakat bengkulu didalam ajaran agama islam. Rumah bubungan lima ini terbuat dari kayu bukan kayu biasa. Karena dibutuhkan kayu yang amat kokoh agar bangunan rumah ini bisa bertahan lama. 

 

3. Strukturnya yang berbeda

Ada sebagian bentuk bubungan atap rumah bengkulu yakni memiliki bubungan panjang, bubungan yang melintang, bunbungan sembilan, juga kombinasi berbagai bentuk yang besar, besarn kecilnya bangunan serta sedikit atau banyaknya ukiran yang ada. Strukturnya pun terdiri dari beberapa bagian besar termasuk penigo atau ruang tamu juga termasuk penyimpanan barang atau pakaian. 

BACA JUGA:Berapa Lama Bung Karno Tinggal di Bengkulu? Sudahkah Menikah dengan Fatmawati? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu