Begini Sejarah Dol di Bengkulu, Dulu Hanya Momen Tertentu Saja Boleh Dimainkan

Begini Sejarah Dol di Bengkulu, Dulu Hanya Momen Tertentu Saja Boleh Dimainkan

Pelajar unjuk kebolehan main musik dol-Berlian-radarbengkulu.disway.id

 

RADAR BENGKULU - Alat musik Dol menjadi karakter khas di Provinsi Bengkulu, dibalik alat musim itu terkandung banyak makna dan sejarah. Bahkan dahulunya alat musik dol hanya boleh dimainkan pada saat perayaan tabot saja.

 

Tabot dilakukan setiap tanggal 1-10 muharram, dalam rangka mengenang t wafatnya imam hasan dan imam husen yakni cucu nabi muhamad SAW seperti dikutip dari sumber mardinata.com. 

Sejarah dan tradisi seperti ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat Bengkulu setiap tahunnya karena dipercaya bahwa dapat menghindarkan dari berbagai kesulitan dan dari wabah timbulnya penyakit.

BACA JUGA:Rasakan Pesona Pantai Linau Indah Nan Eksotis,Mengapa Diberi Nama Linau ? Ada Sejarah Belanda dan Inggris

Uniknya, penabuh alat msuik dol bukanlah sembarangan orang melainkan dari keturunan tabot. Yaitu warga Bengkulu  keturunan india yang disebut dengan sipai. 

 

Sobat RADAR BENGKULU, jika anda belum mengetahuinya pasti akan timbul pertanyaan kenapa alat musik dol menajdi alat musik tradisional asal Bengkulu? Terjadinya hal ini dikarenakan orang yang menikah dengan masyarakat indonesia asal asli dari bengkulu dengan orang keturunan asli dari keluarga tabot. 

BACA JUGA:Kesenian Dol, Musik Tradisional Bengkulu yang Gemanya Mendunia

Dol pertama kalinya dikenalkan oleh masyarakat muslim india yang datang ke Indonesia pada saat itu masih dalam pemerintahan kolonial inggris kala itu  membangun sebuah benteng. Kemudian mereka menikah dengan penduduk lokal Bengkulu dan sampai sekarang garis keturunan mereka dikenal sebagai keluarga tabot. 

BACA JUGA:Cari Tau Sejarah Arung Jeram Dunia dan Perkembangan Arung Jeram Bengkulu

Pada tahun 1970-an, keluarga tabot mengizinkan hanya garis keturunan merekalah atau orang orang yang memiliki hubungan darah dengan keluarga tabotlah yang boleh memainkan musik dol ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: