Pilkada 2024 di Bengkulu Bakal Ketat dan Menarik Disimak, Ini Sebabnya

Pilkada 2024 di Bengkulu Bakal Ketat dan Menarik Disimak, Ini Sebabnya

Potensi Golput dalam pemilu 2024 dari Mahasiswa Kota Bengkulu Akibat Benturan Jadwal dengan UAS-Ist/foto ilustrasi-radarbengkulu.disway.id

 
 
 
RADAR BENGKULU- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang akan digelar di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang dipastikan tidak ada incumbent, salahsatunya untuk Provinsi Bengkulu.
 
"Jadi kompetisi kontestasi Pilkada serentak 2024 nanti terkhususnya di Bengkulu diprediksi bakal ketat karena tidak ada incumbent," ujar Sekretaris Jenderal Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), Anugerah Wahyu, SH kepada media Sabtu (28/10/2023).
 
Disampaikan Wahyu, dalam Pilkada serentak di Bengkulu nanti yakni pemilihan gubernur (Pilgub) mendatang dipastikan akan bersaing ketat dengan munculnya sejumlah calon yang berani maju dan tampil lantaran tidak adanya incumbent. Untuk diketahui sejak Februari 2024 nanti, provinsi Bengkulu akan dipimpin Carataker Gubernur 
 
"Kalau dari peta survei dilapangan yang kita lihat saat ini sosok yang akan maju Pilgub mendatang memang banyak ada beberapa nama lama sebelumnya dan juga nama baru. Inilah yang nanti akan berlangsung seru, lantaran beberapa nama ini sedang melakukan penjajakan untuk  memperebutkan perahu parpol," terangnya.
 
Meski demikian, lanjut Wahyu, tidak adanya incumbent dalam Pilgub mendatang justru menjadi daya tarik sejumlah sosok yang muncul yang akan berani maju dalam Pilgub nanti.
 
 
 "Ya memang meski tidak jaminan setiap petahana (incumbent) yang mencalonkan diri akan terpilih kembali. Namun dari pengalaman Pilkada sebelumnya banyak keuntungan yang bisa didapat oleh petahana kalau dia mencalonkan diri lagi, dengan menggunakan sumber-sumber yang dekat dengan dia. Makanya di Pilgub 2024 nanti, pertarungan akan berlangsung seru tidak adanya incumbent," bebernya.
 
Sementara diantara nama yang diprediksi akan maju dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur nanti, ada Gubernur Rohidin Mersyah, Wagub Rosjonsyah, mantan Walikota Helmi Hasan, mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Anggota DPR RI M. Saleh, mantan Kapolda Bengkulu Supratman, Bupati BU Mian, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid, lalu selanjutnya ada Mantan Kepala Kanwil BPN Provinsi Bengkulu Izda Putra, mantan Bupati Benteng Fery Ramli, mantan Bupati Kepahiang Bando Amin, Rektor Unihaz Bengkulu Yulfiperius, mantan Anggota DPR RI Patrice Rio Capella, mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Elfi Hamidi, Dirut RBMG Muslimin, tokoh agama Dani Hamdani, selain itu juga ada nama pengusaha ternama John Latief, pengusaha sukses di Jakarta asal Bengkulu Haryono dan Anggota DPD RI Eni Khairani.(rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: