Cara Membuat Jengkol Kriuk Pedas dan Gurih Tanpa Jemur dan Menambah Nafsu Makan

Cara Membuat Jengkol Kriuk Pedas dan Gurih Tanpa Jemur dan Menambah Nafsu Makan

jengkol kriuk penambah nafsu makan-ist-

 

RADAR BENGKULU - Jengkol sangat mudah di dapat di negara Indonesia. Jengkol biasanya diolah menjadi menu masakan seperti gulai santan, sambal goreng, ataupun rendang.

 

Namun dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat jengkol kriuk pedas gurih tanpa dijemur. Dari keterangan seorang ibu rumah tangga bernama Desi menjelaskan cara membuat jengkol kriuk tanpa dijemur.

 

Langkah pertama saat membeli jengkol di pasar, pilihlah jengkol yang sudah tua.  Lalu jengkol direndam selama satu malam dan buang air rendamannya. 

BACA JUGA:Cari Tahu Apa Saja Manfaat Timun, Benarkah Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Setelah itu, besok paginya buang kulit jengkol dan iris tipis. Untuk pengirisan bisa menggunakan alat yang telah ada.  Bahan lainya yakni siapkan cabe, bawang putih, bawang merah dan bumbu yang biasa kita siapkan untuk membuat sambal goreng. 

 

Setelah bumbu sudah dihaluskan, tumislah semua sampai menjadi sambal goreng kering atau jangan banjir minyak ya, cek rasa dan sesuaikan dengan selera masing - masing.  Jengkol yang sudah diiris tipis tadi, lalu dimasukan ke dalam wajan yang telah berisi minyak panas. Sesekali diaduk agar jengkol tidak menyatu.

BACA JUGA:Bukan Direbus, Cara Bikin Sambal Jengkol Empuk Ternyata Mudah Banget

Gorengnya jangan sekali saja, ketika jengkol mulai mengering angkat dan tiriskan. Kemudian masukan lagi ke penggorengan dengan api sedang sampai jengkol berubah agak kecoklatan.

BACA JUGA:Cari Tahu Apa Saja Manfaat Timun, Benarkah Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Setelah itu angkat jengkol yang sudah kecoklatan tadi, lalu masukan ke sambal lado yang sudah disiapkan. Aduk rata, setelah itu simpan didalam toples, makan jika diinginkan sebagai lalapan. Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: