Petani Selebar dan Sembayat Datangi DPRD Seluma

 Petani Selebar dan Sembayat Datangi DPRD Seluma

Komisi III DPRD, Dinas Pertanian dan PUPR Seluma sedang mengecek lokasi persawahan-Wawan-radarbengkulu

" Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti, maka sulit mewujudkan daerah swasembada pangan. Karena areal persawahan bakal dialihfungsikan menjadi kebun kelapa sawit," sampainya. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bunda PAUD Seluma Raih Penghargaan Tingkat Nasional

 

Sementara itu,  Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial SP menindaklanjuti keluhan para petani yang terancam mengalihfungsikan sawah mereka, menurutnya ada 2 kegiatan yang harus segera dilakukan.

Yakni tidak hanya memperbaiki jaringan irigasi sekunder yang rusak dan tertimbun material longsor, namun juga harus menormalisasi kembali areal sawah yang tertimbun longsor.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Bunda PAUD Seluma Raih Penghargaan Tingkat Nasional

 

"Dulu sudah saya cros cek ke lokasi, jadi pekerjaan yang perlu dilakukan bukan hanya memperbaiki jaringan irigasinya saja, tetapi normalisasi lahan sawah yang tertimbun juga perlu dilakukan," sampai Arian Sosial.

Selain itu, Kabid Pengairan Dinas PUPR Yeni Juniarti mengatakan, untuk rencana perehaban irigasi dan normalisasi areal sawah yang terdampak akan dianggarkan Rp 350 juta dalam APBD 2024 mendatang.

BACA JUGA:Ditetapkan, Syamsul Aswajar Terpilih jadi Ketua Forum Seluma Sehat 2023

 

" Rencana dianggarkan Rp 350 juta dalam APBD tahun 2024 mendatang, karena tidak hanya memperbaiki jaringan irigasi yang tertimbun material longsor, namun juga menormalisasi areal sawah yang juga tertimbun longsor," ucap Yeni Juniarti.

Sementara itu, untuk memastikan kondisi terkini Ketua Komisi III DPRD Seluma Yulian Iswandi kemudian mengajak seluruh peserta rapat dengar pendapat (RDP) untuk cek ke lokasi bersama-sama, agar rencana pekerjaan lebih akurat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu