4 Fakta Unik Sistem Pendidikan Jepang: Siswa Diajarkan untuk Mandiri Sejak Dini

 4 Fakta Unik Sistem Pendidikan Jepang: Siswa Diajarkan untuk Mandiri Sejak Dini

Fakta unik pendidikan di jepang/foto ilustrasi-Ist-

 

RADAR BENGKULU - Jepang merupakan negara dengan banyak hal unik. Jepang adalah negara yang diimpikan banyak orang. Keunikan dan budayanya yang kental membuat banyak orang tertarik dengan negeri bunga sakura ini. 

 

Menariknya lagi jika kita melihat keunikan adat istiadat masyarakat Jepang, dimana siswa dibiasakan sejak dini untuk mandiri, terutama jika dilihat dari sistem pendidikannya. Sistem pendidikan Jepang merupakan salah satu yang sering dijadikan contoh di beberapa negara.

BACA JUGA:Cari Tahu Trik Mahasiswa yang Berhasil Mempengaruhi Pendidikan Karakternya

Mengambil contoh Jepang, tidak mudah untuk memperkenalkan sistem pendidikan Jepang karena adat istiadat dan masyarakat di negara lain berbeda-beda. Biasanya terlalu sulit untuk diterapkan, tetapi mungkin saja jika Anda ingin mencobanya sendiri.

 

Berikut berdasarkan sumber dari Liputan6.com fakta unik sistem pendidikan Jepang;

BACA JUGA:5 Contoh Pendidikan Karakter yang Bisa Diterapkan Dalam Kehidupan

1. Tiga Tahun Pertama Fokus Pengembangan Karakter 

Ciri pertama dari sistem pendidikan Jepang adalah siswa Jepang tidak mengikuti ujian sampai tahun keempat.

Hal ini terdengar unik karena siswa Jepang sangat fokus dalam mengembangkan kepribadian dan mencapai perilaku yang baik di tahap awal sekolah. 

BACA JUGA:Terbuka untuk Umum, KabaHill Center Bengkulu Menggelar Pendidikan Karakter Dasar di Alam Bebas

Di sekolah Jepang, sopan santun lebih diutamakan daripada pengetahuan. Tujuan siswa pada tiga tahun pertama bukanlah menilai pengetahuan anak, melainkan mengembangkan karakter dan perilaku yang baik. Siswa belajar menjadi murah hati, peka dan penuh kasih sayang. Siswa juga diajarkan untuk menghormati orang lain dan membentuk ikatan lembut dengan alam dan hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: